Hari Oeang RI ke-77 , Kantor Pajak Kenalkan APBN kepada Siswa SMK

 Hari Oeang RI ke-77 ,  Kantor Pajak Kenalkan APBN kepada Siswa SMK

Kepala KPP Pratama Bengkulu Dua, Indera Gunawan memberikan plakat cinderamata kepada Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Reno Regan-Adam-radarbengkulu

BACA JUGA:Resep Ayam Goreng Tulang Lunak, Direndam Pakai Air Kelapa Selama 2 Jam

 

Mereka juga menjelaskan bahwa APBN 2023 ini telah digunakan untuk berbagai kepentingan umum. Seperti mengantisipasi ketidakpastian ekonomi global, perlambatan ekonomi, dan dampak el nino dengan menebalkan bantuan sosial (bansos) dan penguatan UMKM.

Penebalan bansos dilakukan pemerintah melalui kebijakan tambahan bantuan beras untuk 21,3 juta Kader Pembangunan Manusia (KPM) dengan total anggaran Rp.2,67 triliun dan pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 18,8 juta KPM dengan total anggaran Rp.7,52 triliun.

 

Kemudian penguatan UMKM dilakukan lewat kebijakan percepatan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk UMKM melalui weekend banking agar mencapai target Rp.291 triliun.

Lebih lanjut dikatakan, para penyuluh pajak berfokus dalam mengenalkan berbagai elemen APBN kepada para peserta. Salah satu elemen utama yang dikenalkan kepada para peserta adalah elemen pendapatan yang berasal dari pajak.

 

Hal ini karena berdasarkan data infografis APBN tiap tahunnya, pajak dengan stabil memberi sumbangsih terbesar dalam pendapatan negara yaitu sekitar 70 % dibandingkan sumber pendapatan lainnya yaitu hibah, bea cukai, dan penerimaan negara bukan pajak. 

Bahkan, per September 2023, penerimaan pajak telah berkontribusi sebesar 80,8 % terhadap APBN 2023. 

 

Selama sosialisasi berlangsung, para peserta berpartisipasi aktif dengan menjawab pertanyaan yang diberikan pemapar materi maupun bertanya kepada pemapar materi.

Selaras dengan jargon sosialisasi kali ini yaitu, “APBN kita, generasi muda peduli uang kita,” berbagai pertanyaan dari para peserta yang menyiratkan kepedulian untuk mengawasi pelaksanaan APBN pun muncul. 

 

Salah satu peserta yang hadir mengajukan pertanyaan terkait peran nyata pajak bagi keberlangsungan negara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu