Hari Oeang RI ke-77 , Kantor Pajak Kenalkan APBN kepada Siswa SMK

 Hari Oeang RI ke-77 ,  Kantor Pajak Kenalkan APBN kepada Siswa SMK

Kepala KPP Pratama Bengkulu Dua, Indera Gunawan memberikan plakat cinderamata kepada Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Reno Regan-Adam-radarbengkulu

“Pajak digunakan untuk membangun banyak sektor. Salah satu contoh nyatanya adalah dengan dibangunnya jalan tol sebagai sarana transportasi untuk memudahkan mobilitas serta pemberian dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kepada tiap sekolah di Indonesia agar seluruh siswa dapat memperoleh fasilitas pembelajaran yang nyaman dan layak,” tutur Rio Riski Pratama memberikan penjelasan atas pertanyaan tersebut. 

 

Kemudian, pertanyaan lainnya pun dilontarkan oleh peserta lainnya. “Tadi dijelaskan bahwa APBN dibiayai oleh pendapatan negara. Jika pendapatan negara tidak cukup, maka uangnya dicari melalui pembiayaan apa? Apa saja Pak jenis pembiayaan itu?”

Rio pun menjawab bahwa pembiayaan negara terbagi menjadi 2 jenis. Yaitu pembiayaan dalam negeri dan luar negeri. Pembiayaan dalam negeri meliputi pembiayaan perbankan dalam negeri dan pembiayaan non perbankan dalam negeri yang terdiri dari penerimaan cicilan pengembalian penerusan pinjaman, saldo anggaran lebih, hasil pengelolaan aset, penerbitan surat berharga negara neto, pinjaman dalam negeri neto.

 

Sementara pembiayaan luar negeri meliputi semua pembiayaan yang berasal dari penarikan pinjaman luar negeri yang terdiri atas pinjaman program dan pinjaman proyek.

Dari pelaksanaan acara Sosialisasi APBN, para penyuluh pajak berharap dapat memberikan pengetahuan tentang pajak sebagai bagian dari APBN sedini mungkin kepada para pelajar dengan penyampaian yang mudah dimengerti.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu