Begini Cara Atasi Diare pada Anak dan Gangguan Medis Lainnya

Begini Cara Atasi Diare pada Anak dan Gangguan Medis Lainnya

Ilustrasi Cara Atasi Diare-Hendri/ist-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Orang tua harus lebih siaga terhadap kemungkinan yang terjadi pada saat anak usia 3 tahun mengalami diare dan gangguan medis lainnya. Kemudian, orang tua harus tahu cara mengatasinya. 

Terkadang dengan memberikan obat tercepat yang dilakukan orang tua dengan diberikan obat oralit, ada juga memberikan obat oralit bisa langsung sembuh tapi juga dengan memberikan obat oralit tidak mengalami perubahan signifikan.

BACA JUGA:Ini Cara Pengobatan Dalam Islam dan Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan

 

Misalnya BAB nya tidak sebanyak sebelumnya tapi masih cair, maka orang tua harus segera berkonsultasi atau berobat ke dokter. 

Seperti yang dilansir di laman Alodokter Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang diasuh oleh dokter Nadia Nurotul Fuadah, obat serta cara penangannya seperti penjelasan beliau, diare pada anak bisa menandakan sistem pencernaannya bermasalah.

BACA JUGA:Ini Peran Suami Menjaga Kesehatan Istri dan Anak di Rumah

 

Misalnya akibat alergi makanan, keracunan, malabsorpsi karbohidrat, gastroenteritis, penyakit Crohn, sindrom iritasi usus, dan sebagainya. 

Pada kasus yang jarang, anak bisa juga mengalami diare akibat keseimbangan elektrolit yang terganggu, efek samping obat, infeksi di sistem organ lain, hipertiroidisme, dan beragam gangguan medis lainnya.

BACA JUGA:Tidak Ada Kasus Stunting, Camat Nasal dan Tim Kesehatan Pantau Posyandu Desa Gedung Menung

 

Maka saat ini yang harus segera kita lakukan yakni:

1. Buatkan anak oralit dan beri ia banyak minum, terutama air putih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu