Karakter Kepemimpinan Rasulullah

Karakter Kepemimpinan Rasulullah

H. Henderi Kusmidi-Adam-radarbengkulu

RADARBENGKULU -  Kaum muslimin rahimakumullâh. Waktu berjalan begitu cepat. Tidak terasa kita sudah memasuki hari Jumat kembali. Untuk hari ini, redaksi sudah menyiapkan khutbah Jumat yang berjudul Karakter Kepemimpinan Rasulullah.

Materi ini ditulis oleh khatib  H. Henderi Kusmidi. Ia adalah dosen UIN FAS Bengkulu & Imam Masjid Besar Jami’ Babussalam Kota Bengkulu.

 

Materi ini akan disampaikannya dihadapan jamaah  Masjid Besar Jami' Babussalam, Jalan P. Natadirja KM.8 Kelurahan Jalan Gedang, Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu.

Apa saja isi materi khutbah Jumatnya, silahkan baca langsung tulisannya dibawah ini. Selamat membaca. Semoga bermanfaat.

 

Jamaah salat Jumat rahimakumullâh

Ada sebuah ayat Al-Qur’an yang cukup menggambarkan bagaimana karakter kepemimpinan Rasulullah sebagai penyampai risalah sekaligus pemimpin.

 Ayat tersebut berbunyi yang artinya : “Sungguh, benar-benar telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri. Berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, dan (bersikap) penyantun dan penyayang terhadap orang-orang mukmin.” (QS at-Taubah: 128)

 

Ayat ini setidaknya mengungkap empat hal. Pertama, Allah menurunkan risalah kepada umat manusia melalui sosok mulia yang juga manusia, bukan jin ataupun malaikat yang sukar dijangkau. Hal ini mengandung hikmah untuk memudahkan umat manusia dalam meneladani sosoknya. 

Nabi Muhammad SAW adalah figur yang sangat dekat dengan umatnya, memahami dan sanggup berkomunikasi secara baik dengan sasaran dakwahnya.

 

Sebagaimana manusia lainnya, Rasulullah merasakan apa yang dirasakan makhluk fisik pada umumnya: lapar, haus, butuh istirahat, bisa terluka, kepanasan, kedinginan, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu