Orang Sombong dan Pendusta Jadi Teman Setan dan Diabaikan Allah SWT

Orang Sombong dan Pendusta Jadi Teman Setan dan Diabaikan Allah SWT

orang yang sombong diabaikan oleh Allah SWT dan jadi teman setan-Ist-

RADAR BENGKULU - Meski sifat Sombong pada manusia merupakan fitrah yang didapat sejak lahir, namun sifat itu bisa dirubah jika ada kemauan dan pengetahuan. Sebagai umat muslim, kita wajib tahu bahwa orang Sombong tidak disukai oleh Allah SWT. Maka tidak jarang kita dengar bahwa orang Sombong jadi teman setan

 

Sifat Sombong adalah watak manusia yang merasa lebih agung dan meremehkan orang yang ada di sekitar. Orang yang punya sifat Sombong biasanya cenderung mempunyai sifat buruk lainnya yakni riya' atau suka pamer harta benda miliknya yang tidak dimiliki orang disekitar. Padahal sifat riya' termasuk dalam kategori musyrik kecil dan berdosa.

BACA JUGA:Tiga Sebab Terjadinya Perbuatan Syirik, Salah satunya Karena Tidak Mampu

Karena sejatinya harta benda di dunia ini merupakan titipan Allah SWT, maka akan berdosa seorang manusia yang mengakuisisi sepihak harta yang dimiliki tanpa mengingat dari mana rejeki tersebut berasal.

 

Dalam hadist riwayat Muslim disebutkan bahwa orang yang sombong diabaikan oleh Allah SWT, berikut firman Allah SWT tentang sifat sombong tersebut "dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia. Dan janganlah kamu berjalan diatas bumi dengan angkuh. Sesungguhnya allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri (QS Lukman ayat 18).

BACA JUGA:Bahaya! Pahami 2 jenis Dosa Syirik yang Harus Dihindari. Apa saja? Berikut Penjelasannya!

Kemudian didalam sabdanya Rasulullah Saw bersabda "ada tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah SWT, tidak disucikan olehNya, dan baginya azab yang pedih yaitu orang yang sudah tua berzina, orang yang miskin tapi Sombong dan pemimpin yang berdusta" 

 

Seluruh umat muslim diajarkan untuk tidak berbuat sombong kepada siapapun yang ada di dunia. Sifat sombong akan membawa semua sifat buruk yang disukai bangsa jin dan setan. 

BACA JUGA:Orang yang Suka Memancing Emosi Terbuat dari Tanah Sengketa? Begini Cara Elegan Menyikapinya

Allah SWT berfirman "Orang-orang yang bersikap sombong di muka bumi tanpa alasan yang benar, mereka akan Aku palingkan dari kebenaran sehingga mereka tidak dapat memahami bukti-bukti kekuasaan-Ku.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: