4 Tips Memahami Perasaan Orang Tua yang Sudah Sangat Tua

4 Tips Memahami Perasaan Orang Tua yang Sudah Sangat Tua

tips memahami orang tua yang sudah sangat tua-foto istock-

 

RADAR BENGKULU - Tentu diantara kita yang masih memiliki orang tua yang sudah sangat tua akan merasakan perasaan yang bercampur. Tanpa sadar kita mengeluarkan kata yang ternyata menyinggung perasaan orang tua. Tanpa sadar kita melakukan sesuatu yang ternyata membuat orang tua merasa dikucilkan. Untuk itu, perlu kita belajar bagaimana memahami perasaan orang tua yang sudah sangat tua.  

 

Dengan kesibukan kita sehari-hari menjalani pekerjaan, terkadang kita lalai ada orang tua yang juga perlu dikunjungi. Kita lalai menghubungi mereka sekedar bertanya apa kabar, apa sudah makan, atau mau makan apa? Padahal itu penting untuk dilakukan.

BACA JUGA:Ini 8 Tips Awet Muda, Sangat Sederhana dan Mudah Dilakukan!

Melansir dari berbagai sumber, berikut tips memahami perasaan orang tua yang sudah sangat tua. Perlu diingat bahwa masa tua adalah masa dimana orang tua mengalami banyak perubahan, baik fisik maupun mental. Perubahan ini dapat memengaruhi perasaan mereka:

 

1. Dengarkan orang tua dengan sepenuh hati

- Ketika orang tua kita sedang menyampaikan sesuatu atau bercerita, maka luangkan waktu untuk mendengarkan mereka sepenuh hati. Dengan demikian, orang tua akan merasa dihargai dan mereka merasa anda ada untuk dirinya.

 

2. Perbanyak stok sabar dan stok pengertian

BACA JUGA:Orang Tua Harus Pahami Cara Mengatasi 4 Karakter Anak yang Memiliki Ciri Kesuksesan

- Maksudnya disini anda harus bisa lebih sabar menghadapi penurunan daya ingat orang tua. Perlu dipahami bahwa ingatan dan kemampuan berpikir orang tua kita sudah tidak sama lagi saat dia masih muda. Jangan mudah marah atau kesal saat mereka melakukan kesalahan, bersikaplah sabar dan pengertian. Ingat, dulu anda pernah menjadi seorang anak kecil yang tidak tahu apa-apa, bagaimana orang tua anda sangat sabar menghadapi tingkah laku anda saat itu. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: