Data Kependudukan BKKBN Memperkuat Konvergensi Penurunan Stunting

Data Kependudukan BKKBN Memperkuat Konvergensi Penurunan Stunting

Data Kependudukan BKKBN Memperkuat Konvergensi Penurunan Stunting-ist-

 

Tunggal Jati (43) warga desa setempat yang menjadi Pelopor PAMSIMAS menyampaikan air bersih program PAMSIMAS di daerah itu telah menyalurkan sambungan kepada 120 kepala keluarga di desa Karang Pulau, kata lelaki yang akrab panggil Tunggal. 

BACA JUGA:Cegah Stunting, Kepala BKKBN Bengkulu Bertemu Tiga Tokoh Pengambil Kebijakan di Kabupaten Kaur, Ini Hasilnya

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bengkulu Utara Nova Hendriani, SKM saat berkunjung bersama di lokasi PAMSIMAS Desa Karang Pulau menyebutkan bahwa pemerintah daerah setempat selain melakukan pembangunan PAMSIMAS dalam penyediaan air bersih juga beberapa program lainnya telah diturunkan dalam rangka pencegahan stunting. Hal itu sebagai langkah intervensi secara sensitif bersama lintas lembaga pemerintah di daerah itu.

 

Melalui Dinas Ketahanan Pangan, pemerintah daerah mengintervensi melalui program rumah pangan lestari dengan memberikan bantuan bibit 200 ribu lebih bibit tanaman untuk pemanfaatan lahan dalam rangka pemenuhan asupan gizi berprotein nabati dan pembangunan rumah layak huni sebanyak 24 titik lokasi pembangunan,"ujar Nova Hendriani.

 

Sementara itu, sebagai upaya pencegahan pernikahan usia anak, pemerintah daerah mengutamakan pendidikan bagi remaja dengan menyalurkan bantuan beasiswa kepada 521 orang pelajar tingkat SD dan SMP.

 

Sementara itu Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu mengapresiasi aksi konversi dan kolaborasi pemerintah daerah dalam pencegahan potensi stunting di daerah itu dengan memanfaatkan hasil data keluarga (PK-22) BKKBN sebagai rujukan pembangunan kependudukan dan kebijakannya.

 

Pendataan Keluarga (PK) BKKBN dilaksanakan rutin setiap tahun dalam rangka memperoleh data terupdate tentang keluarga di Indonesia, dan penting dilakukan untuk memotret dan mengenali keluarga Indonesia selain itu pendataan juga dilakukan untuk mengetahui potensi dan keluarga Indonesia dalam fungsi vital di bidang kependudukan (RED)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: