Pintu Air Sudah Dibuka, Saluran Irigasi di Desa Agung Jaya Air Manjuto Masih Bersemak

Pintu Air Sudah Dibuka, Saluran Irigasi di Desa Agung Jaya Air Manjuto Masih Bersemak

Pintu air sayap kiri Bendung Manjuto di Kecamatan V Koto, Kabupaten Mukomuko sudah dibuka-Seno-

 

RBO, MUKOMUKO - Pintu air sayap kiri Bendung Manjuto di Kecamatan V Koto, Kabupaten MUKOMUKO sudah dibuka pada hari Kamis 14 Desember 2023, pasca ditutup pada pertengahan Agustus lalu. 

 

Pembukaan pintu air irigasi sayap kiri Bendung Manjuto itu secara seremonial langsung dibuka oleh Bupati Mukomuko H. Sapuan, SE., MM bersama sejumlah pejabat. 

BACA JUGA:Penyelamatan Air di Mukomuko, Mulai dari Bendungan Manjunto

Dengan dibukanya pintu air, jaringan irigasi Bendung Manjuto sayap kiri yang selama kurang lebih 4 bulan terakhir kering akan segera kembali dialiri air.

 

Sayangnya, dipantau langsung ke lokasi, saluran irigasi sekunder di wilayah Desa Agung Jaya, Kecamatan Air Manjuto kondisinya masih semak ditumbuhi tumbuhan liar seperti rumput. 

BACA JUGA:Selamatkan Debit Air Bendungan Manjunto, Sawit di Sempadan Sungai Dibabat Habis

Tidak hanya itu, saluran tersier di wilayah yang sama tepatnya didekat wisata buatan Pangonan, juga belum tampak dibersihkan. Sedimentasi tanah masih menumpuk dan ditumbuhi, tumbuhan liar. 

Dikhawatirkan, jika kondisi saluran irigasi masih seperti itu, saat air telah mengalir sampai ke wilayah saluran irigasi di Desa Agung Jaya, aliran air jadi tidak normal dan sulit sampai ke sawah para petani setempat. 

BACA JUGA:Bendungan PLTA Berkontribusi Banjir di Desa Tanjung Alam dan Desa Air Hitam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: