Penyaluran Dana Desa Tahun 2023 di Provinsi Bengkulu Nyaris 100 Persen

Penyaluran Dana Desa Tahun 2023 di Provinsi Bengkulu Nyaris 100 Persen

Kepala DJPb Provinsi Bengkulu, Bayu Andy Prasetya-Ronal-

 

RADAR BENGKULU - Kanwil Direktorat Jenderal Pembendaharaan (DJPb) Bengkulu mengumumkan bahwa realisasi penyaluran Dana Desa tahun 2023 di sembilan Kabupaten Provinsi Bengkulu mencapai 99,89 persen dari total pagu anggaran sebesar Rp1,08 Triliun. Meskipun capaian ini dianggap bagus, masih terdapat sisa pagu anggaran sebesar Rp1,159 Miliar yang belum tersalurkan.

 

Bayu Andy Prasetya, Kepala Kanwil DJPb Bengkulu, menyatakan bahwa kinerja penyaluran Dana Desa sudah baik, meskipun tidak mencapai 100 persen karena adanya beberapa wilayah yang mengalami kendala. "Persentasenya tidak 100 persen karena ada yang tidak tersalurkan," ujar Bayu dalam konferensi pers di ruang kerjanya.

BACA JUGA:Korupsi Dana Desa, Mantan Kades Cirebon Baru Divonis Penjara dan Denda

BACA JUGA:Ini Realisasi Dana Desa Provinsi Bengkulu Tahun 2023 dan Total Dana Desa Tahun 2024

Bayu menjelaskan bahwa anggaran yang tidak tersalurkan terdapat di empat wilayah di Provinsi Bengkulu. Di Desa Kasikasubun, Kabupaten Rejang Lebong, Dana Desa tahap II dan III senilai Rp518.180.300 tidak tersalurkan karena terkait permasalahan hukum. Di Desa Suro Bali, Kabupaten Kepahiang, dana desa tahap III tidak tersalur senilai Rp189.790.400 karena tidak merealisasikan fisik tahap I dan II.

 

Selanjutnya, di Desa Temiang, Kabupaten Bengkulu Tengah, terdapat potongan sisa dana desa tahap I senilai Rp401.569.600. Di Kabupaten Mukomuko, di Desa Sendang Mulyo, tidak tersalurnya dana sebesar Rp49.521.300 disebabkan karena KPM BLT kurang dari 10 persen.

BACA JUGA:Saat Apel Akbar, ASN Seluma Didorong Tingkatkan Kedisiplinan dan Etos Kerja

Meskipun demikian, Bayu menyatakan bahwa selain desa-desa tersebut, realisasi dana desa secara keseluruhan telah tersalurkan, termasuk Desa Batu Tugu yang sempat tersandung kasus korupsi pada tahun 2023.

"Untuk semuanya sudah terealisasi dan kita harapkan tahun 2024 ini capaiannya semakin baik," tambah Bayu.

 

Bayu mendorong agar realisasi dana desa di 9 Kabupaten di Provinsi Bengkulu dapat berjalan maksimal. Pemanfaatan dana desa diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di setiap desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: