Ini Realisasi Dana Desa Provinsi Bengkulu Tahun 2023 dan Total Dana Desa Tahun 2024

Ini Realisasi Dana Desa Provinsi Bengkulu Tahun 2023 dan Total Dana Desa Tahun 2024

ini penjelasan tentang masih terdapat sisa anggaran dana desa di provinsi bengkulu sebesar Rp 1.159.061.600 yang tidak tersalur-Ist-

RADAR BENGKULU - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pembendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu melaporkan bahwa hingga 30 Oktober lalu, realisasi Dana Desa Provinsi Bengkulu mencapai 84,5 persen atau terealisasi sebesar Rp913,76 miliar dari pagu anggaran Rp1,08 triliun.

 

Bayu Andy Prasetya, Kepala DJPb Provinsi Bengkulu, menyampaikan bahwa realisasi DD tahap I, tahap II, hingga tahap III, mencapai 87,84 persen. Sementara DD Tambahan yang tersebar di 277 desa telah terealisasi sebesar 11,45 persen, dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa mencapai 82,78 persen. Bayu menyatakan optimisme untuk mencapai target realisasi penuh hingga akhir Desember.

BACA JUGA:Dana Desa Tahun 2023 di Desa Kinal Jaya Tuntas Direalisasikan

"Realisasi sudah bagus. Kami optimis untuk realisasi dana desa maupun tambahan dana desa agar bisa dieksekusi semuanya sampai dengan Desember," ujar Bayu

 

Namun, Bayu menunjukkan satu desa yang mengalami kendala dalam merealisasikan DD, yaitu Desa Kasie Kasubun di Kabupaten Rejang Lebong. Kendala tersebut terkait dengan masalah hukum, sehingga DD di desa tersebut belum dapat direalisasikan.

BACA JUGA: Galian C Dibawa-bawa Sebagai Penyebab Lamban Pencairan Dana Desa

Disisi lain, terkait dengan Dana Transfer Ke Daerah (TKD), Pemerintah Pusat telah mengucurkan Dana Desa untuk kabupaten di Provinsi Bengkulu tahun anggaran 2024 sebesar Rp1,05 triliun. Bayu mendorong agar anggaran DD yang cukup besar tersebut segera direalisasikan pada awal tahun 2024.

 

"Maka kita minta, mulai Januari ini segeralah direalisasikan. Karena kalau tidak direalisasikan kan sayang, dananya akan kembali ke pusat," tegas Bayu.

BACA JUGA:Unik! 23 Desa di Mukomuko Belum Ambil Jatah Dana Desa Tahap Dua

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Billy Dwitrata Sunardi, ST, menambahkan bahwa DD memiliki peran penting dalam mendorong percepatan pembangunan desa. Dia menekankan bahwa pengelolaan DD harus dilakukan dengan baik dan tepat sasaran, untuk memberikan dampak signifikan terhadap pembangunan desa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: