Ada 4 Sholat Sunnah Jumadil Awal, ini Penjelasannya!

Ada 4 Sholat Sunnah Jumadil Awal, ini Penjelasannya!

Berikut penjelasan 4 sholat Sunnah Jumadil awal di tahun 2024-Ist-

 

3. Sholat sunnah ketiga 

Selain malam pertama, sunah pula bagi umat Islam untuk melaksanakan salat pada malam ketiga bulan Jumad Awal. Sholat ini dilakukan dua puluh rakaat dengan salam setiap rakaat lainnya. Artinya ada 10 salam.

Dianjurkan membaca Surat Al-Qadr sebanyak 10 kali setelah membaca Al-Fatihah pada setiap rakaat. Bantuan ayatnya: Inna Anzalnaahu dan Lailatil Qadr. Wa atau tandai Lailatul Qadr. Tanazzalul mala-ikatu perang semangat bi-idzni rabbihim yang kita semua perintahkan. Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Qur'an) pada Malam Kemuliaan (artinya Lailatul Qadri). 

Dan tahukah Anda apa itu malam yang mulia? Malam yang mulia ini lebih baik dari seribu bulan. Malam itu, para bidadari dan bidadari Jibril dengan izin Allah datang untuk menertibkan segala sesuatunya.

Malam itu (penuh) kemakmuran hingga subuh. Setelah salam dianjurkan membaca tasbih sampai subuh. Yaa azhiimu taanazh-zhamta bil azhamati Wal azhamatu fii azhamatika yaa azhiim. Wahai Yang Maha Esa, kami dengan penuh keagungan dan keagungan memuja-Mu wahai Yang Maha Esa.

 

4. Sholat sunnah pada malam hari tanggal 21-27

Amalan sholat sunnah terakhir yang dianjurkan di bulan Jumad Awal adalah sholat magrib pada tanggal 21 dan 27. Pada dua malam tersebut, disunnahkan bagi umat Islam untuk shalat delapan rakaat dan diakhiri setiap 2 rakaat dengan salam. Jadi, shalat sunnah malam tanggal 21 dan 27 Jumadil Awal terdiri dari 4 salam. Untuk shalat sunnah ini dianjurkan membaca surat Dhuha satu kali setelah Al-Fatihah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: