Demi Melestarikan Lingkungan, GenBI Bengkulu Adakan Konservasi dan Pelepasan Penyu di Bengkulu Tengah

Demi Melestarikan Lingkungan, GenBI Bengkulu Adakan Konservasi   dan Pelepasan Penyu di Bengkulu Tengah

GenBI Komisariat Universitas Bengkulu foto bersama sebelum acara pelepasan penyu-Yar Azza/ Dok Ustaza-radarbengkulu

BACA JUGA: Keren, GenBI UIN FAS Bengkulu Kembali Adakan Kegiatan Bersih-Bersih Pantai

 

Ketua Umum GenBI Wilayah Bengkulu, Deko Hardi Yansyah, yang diwakili oleh Caroline turut hadir dan mengatakan betapa pentingnya kegiatan tersebut dilakukan. Karena, dilihat dari fakta bahwa penyu merupakan salah satu komponen penting dalam ekosistem laut.

“Pentingnya kegiatan ini dapat dilihat dari fakta bahwa penyu merupakan salah satu komponen penting dalam ekosistem laut. Selain menjaga kelimpahan plankton, mereka juga berperan dalam penyebaran biota laut dan mengendalikan populasi hewan-hewan kecil sebagai pemangsa alami,” ujarnya.

BACA JUGA:Keren, GenBI Bengkulu Adakah Open Donasi Tanggap Bencana

 

Oleh karena itu, jika populasi penyu semakin berkurang, maka ekosistem laut akan mengalami gangguan yang berdampak pada kehidupan manusia dan hewan lainnya. Melalui kegiatan ini juga, GenBI Bengkulu menunjukkan komitmennya dalam menjaga keberlanjutan ekosistem laut di wilayah Bengkulu. Dengan melepaskan 80 ekor penyu ke habitat aslinya, diharapkan bahwa populasi penyu di daerah ini dapat terus bertambah dan tetap lestari.

Amru Mulia Pratama, Ketua GenBI Komisariat Unib pun menanggapi dengan positif kegiatan tersebut. Ia mengatakan, sebagai generasi baru Indonesia sudah sepatutnya untuk mencintai fauna yang dilindungi dan memastikan kelangsungan hidup sebagian besar spesies penyu.

BACA JUGA:GenBI Bengkulu Bersihkan Sampah di Tempat Iconik Bengkulu

 

“Menurut saya kegiatan penyuluhan dan konservasi yang diselenggarakan oleh GenBI Bengkulu ini sangat baik dan bagus bagi kita sebagai generasi baru Indonesia yang cinta akan salah satu fauna yang dilindungi dan mengupayakan untuk melestarikannya,” ujarnya.

Penyu, lanjutnya,  menjadi salah satu fauna yg telah terancam punah akibat aktivitas manusia, dan diklasifikasikan sebagai hewan yang dilindungi. Oleh karena itu, tindakan positif yg sudah dilakukan para GenBI Bengkulu ini diperlukan untuk memastikan kelangsungan hidup sebagian besar spesies penyu yang ada.

 

Yang perlu kita ketahui juga bahwasanya penyu bermanfaat untuk regenerasi tumbuhan lamun. Tumbuhan laut ini bermanfaat bagi ikan agar telurnya terlindungi dan tidak terbawa arus air. Penyu juga turut membantu menyebarkan benih-benih lamun saat mereka berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Jika kita bisa melestarikan Penyu, maka ekosistem laut akan terus terjaga.

Harapan kedepannya, bagi masyarakat Provinsi Bengkulu dan juga terkhususnya para generasi baru Indonesia (GenBI) Bengkulu bisa terus ikut andil dalam setiap kegiatan penyuluhan untuk melestarikan flora dan fauna yg ada di Provinsi Bengkulu. Yang mana dalam hal ini salah satunya ialah penyu. Jika kita dapat melestarikan penyu, maka laut kita akan terus terjaga kelestariannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu