Memahami Makna Keberkahan

Memahami Makna Keberkahan

Dr. Nur Hidayat, M.Ag-Adam-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Para pembaca yang berbahagia , tidak terasa hari ini kita sudah memasuki hari Jumat lagi. Untuk itu, redaksi sudah menyiapkan khutbah Jumat untuk pembaca semua. Judulnya, Memahami Makna Keberkahan.

Materi ini ditulis oleh  Ustadz Dr. Nur Hidayat, M.Ag  . Rencananya, materi ini akan disampaikan saat menjadi khatib shalat Jumat di Masjid  Besar Jami' Babussalam,  Jalan P. Natadirja KM.8 Kelurahan Jalan Gedang, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu.

 

Apa saja isi materi khutbahnya, silahkan dibaca langsung tulisannnya dibawah ini. Selamat membaca! Semoga ada manfaatnya bagi kita semua.

 

Jamaah Salat Jumat Rahimakumullah…

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar istilah barokah atau berkah. Kata “barokah” berasal dari bahasa Arab “al-Barakatu” yang artinya : tumbuh atau bertambah. Dalam kamus bahasa Indonesia berkah adalah karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia.

Sementara itu, para ulama seperti Imam Al-Ghazali mendefenisikan bahwa barokah adalah ziyadatul khair yang berarti bertambahnya kebaikan secara terus menerus.

 

Dengan demikian, jika sesuatu itu diberkahi, meskipun kecil akan terasa besar, meskipun sedikit akan tetap terasa banyak; jika telah banyak ia akan bertambah dan melimpah manfaat dan faedahnya.

Keberkahan merupakan sesuatu yang  didambakan oleh setiap manusia. Oleh karena itu, manusia selalu berdoa agar diberi keberkahan.

 

Diantara doa tersebut adalah: Allahuumma barik lana fi hayatina, allahumma barik lana fi arzaaqina, allahumma bariklana fi auladina, allahumma barik lana fi ulumina. Artinya: Ya Allah berilah keberkahan dalam hidup kami, berilah keberkahan pada rezeki kami, berilah keberkahan pada anak-anak kami, berilah keberkahan pada ilmu kami.

Dambaan dan kebutuhan manusia akan berkah Allah SWT tidak lain karena ia  menjadi penentu kebahagiaan seseorang di dunia dan akhirat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu