Memahami Makna Keberkahan

Memahami Makna Keberkahan

Dr. Nur Hidayat, M.Ag-Adam-radarbengkulu

 

Orang yang mendapat barokah dari Allah SWT maka ia akan bahagia. Sebaliknya orang yang tidak mendapat barokah dari Allah SWT, maka ia akan sengsara.

Berkaitan dengan keberkahan dari Allah SWT bisa dalam bentuk jasmani maupun rohani yang secara umum antara lain :

 

1. Barokah Hidup/Umur

Jika Allah SWT memberkahi umur seseorang, maka Allah akan menjadikan ia orang yang berumur panjang dalam ketaatan dan kebaikan sehingga orang lain merasakan manfaat dari amal salehnya terus- menerus bahkan pada saat orang tersebut sudah meninggal ia akan dikenang seakan-akan ia hidup beratus-ratus tahun.

Sebaliknya, jika Allah tidak memberi barokah pada umur seseorang, maka ia akan selalu membuat maksiat dan  kerusakan sehingga orang lain akan bergembira pada saat ia meninggal dunia.  

 

2. Barokah Harta

Jika Allah memberkahi harta seseorang, maka Allah SWT akan menumbuhkembangkan hartanya. Allah menanamkan dalam hatinya rasa qanaah. Ia tidak diperbudak oleh hawa nafsu terhadap hartanya.

Lalu Allah SWT memberikan kemampuan padanya untuk mengelola harta tersebut dalam kebaikan dan ketaatan seperti mewakafkan dan menyedekahkan sebagian hartanya.

 

Tak hanya itu, Allah SWT juga senantiasa menjadikan semua urusan hartanya mudah baginya. Sebaliknya, jika Allah SWT tidak memberi barokah pada harta seseorang, maka ia akan menggunakan harta tersebut untuk berbuat maksiat dan kerusakan dalam rangka menuruti hawa nafsunya.

 

3. Barokah Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu