Memahami Makna Keberkahan

Memahami Makna Keberkahan

Dr. Nur Hidayat, M.Ag-Adam-radarbengkulu

Jika Allah SWT memberkahi anak seseorang, maka Allah SWT akan memberikan kenikmatan kepada orang tuanya dengan kesalehan dan baktinya kepada mereka sehingga orang tua akan selalu mendapatkan manfaat dan faedah dari perangai baik anak-anaknya.

Anak akan memperhatikan orang tua pada saat masih hidup dan selalu mendoakan setelah orang tuanya meninggal.  Sebaliknya, jika Allah SWT tidak memberi barokah pada anak dan keturunannya, maka sang anak tidak akan peduli kepada orang tua bahkan selalu membuat masalah terhadap orang tua serta tidak mau mendoakan orang tuanya pada saat telah meninggal dunia.

 

4. Barokah Ilmu

Jika Allah SWT memberkahi ilmu seseorang, maka Allah SWT  akan menjadikan ia orang yang khusyuk dan penuh rasa takwa. Orang-orang yang berada di sekitarnya dapat mengambil manfaat dari kebaikan ilmunya serta ilmunya akan menjadi amal jariyah setelah ia meninggal.

 Sebaliknya, jika Allah SWT  tidak memberi barokah pada ilmu seseorang, maka ilmu tersebut tidak akan bermanfaat bagi orang lain.

 

Bahkan hanya akan menimbulkan kerusakan. Ilmu yang berkah akan senantiasa abadi. Tubuh dan jasad mereka boleh sirna, namun warisan dan peninggalan amal baik dari ilmu mereka senantiasa terpatri dalam hati-hati insani, dan pahala serta ganjaran yang mereka peroleh senantiasa abadi selama-lamanya.

Dalam rangka meraih keberkahan tersebut seseorang harus menggunakan semua pemberian Allah SWT baik umur, harta, anak maupun ilmu yang dimiliki sesuai kehendak Allah yaitu untuk kebaikan. Selain itu, seseorang harus senantiasa berdoa agar diberi keberkahan dalam segala sesuatu.()

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu