Ilmuan : Asteroid Bennu Berpotensi Bahaya Mengandung Mineral yang Tidak Terlihat di Bumi

Ilmuan : Asteroid Bennu Berpotensi Bahaya Mengandung Mineral yang Tidak Terlihat di Bumi

Asteroid Bennu Berpotensi Bahaya Mengandung Mineral yang Tidak Terlihat di Bumi-Poto kompas.com-

BACA JUGA:Harga Toyota Rush Bekas Menjelang Bulan Puasa Turun Murah, Berikut Daftar Lengkapnya

Dalam serangkaian pembicaraan di LPSC, tim misi melaporkan bahwa batu-batu yang dikatalogkan sejauh ini juga memiliki beragam tekstur, mineral terhidrasi, dan bukti pelapukan ruang angkasa, seperti yang diharapkan dari batu tak berudara yang berumur ribuan tahun.

"Ini adalah sampel yang indah, juga, menurutku itu tidak seperti meteorit mana pun dalam koleksi kami," kata Sara Russell , ilmuwan planet di Natural History Museum di London yang menganalisis sebagian kecil sampel tersebut .

Kemudian, Asteroid Bennu tidak seperti kebanyakan meteorit pada umumnya, yang permukaannya berubah akibat paparan udara bumi selama bertahun-tahun pada saat ditemukan, pecahan Bennu adalah batuan luar angkasa paling murni yang pernah disimpan para ilmuwan.

Sebagian besar mineral yang diukur mengkonfirmasi berbagai prediksi yang dibuat dari data penginderaan jauh yang dikumpulkan dari OSRISIS-REx saat mendekati Bennu. 

“Kami berhasil melakukan penginderaan jarak jauh dan ini memberikan masukan langsung ke dalam cara kami menganalisis sampel dan menguji hipotesis kami,” kata Harold Connolly , ahli geologi di Universitas Rowan di New Jersey. 

Sejauh ini, analisis tersebut konsisten dengan teori terkemuka bahwa asteroid Bennu terpisah dari asteroid yang jauh lebih besar sekitar 2 miliar hingga 700 juta tahun lalu. 

Misalnya, analisis terbaru menunjukkan bahwa bebatuan Bennu dipenuhi breksi terkait benturan, yaitu pecahan batuan yang disatukan secara longgar seperti kerikil di beton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: