Tips Merawat Motor, 6 Komponen motor yang Wajib Diperiksa Setelah Touring Jauh dan Mudik

Tips Merawat Motor, 6 Komponen motor yang Wajib Diperiksa Setelah Touring Jauh dan Mudik

Tips Merawat Motor, 6 Komponen motor yang Wajib Diperiksa Setelah Touring Jauh dan Mudik -Poto ilustrasi-

Jika permukaan ban telah menyentuh tanda panah, maka menandakan ban sudah aus atau terkikis.

 

2. Oli Mesin dan Oli Transmisi

Oli mesin biasanya diganti setiap jarak tempuh sudah 3.000km atau bisa menggantinya setiap 3 bulan yang sesuai dengan buku petunjuk pemilik. 

Tapi, frekuensi penggantian oli ini perlu disesuaikan dengan intensitas penggunaan pada kendaraan.

Pemilik motor dapat memeriksa kondisi oli mesin dengan dipstick. Jika volumenya berkurang atau terlihat kotor, segera lakukan penggantian.

Selain itu, untuk para pengendara sepeda motor matic juga perlu memeriksa kondisi oli transmisinya. 

Penggantian oli transmisi sebaiknya dilakukan setiap 12.000 km atau 12 bulan, atau sesuai intensitas penggunaan motor.

Oli transmisi berperan penting dalam melumasi gear transmisi agar tidak cepat aus dan lebih awet.

3. Rantai

Setelah melakukan perjalanan jauh, bagi pengendara sepeda motor sport atau bebek perlu untuk memperhatikan kondisi rantainya yang mencakup pemeriksaan, penyetelan, dan pembersihan rantai. 

Pemilik motor dapat melakukan penyetelan rantai sesuai dengan buku petunjuk pemilik serta membersihkan rantai dengan menggunakan pelumas khusus.

Perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan oli bekas pada rantai karena dapat menyebabkan kerusakan.

4. Kampas Rem

Ketika perjalanan jauh yang melalui kondisi jalanan yang macet atau banyaknya melalui tanjakan atau turunan, sangat penting untuk memeriksa kampas rem bagian depan dan belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: