Lebih Menguntungkan, Bintara Kodim 0423 BU Menjadi Nara Sumber Pelatihan Ketahanan Pangan Nabati dan Hewani

Lebih Menguntungkan, Bintara Kodim 0423 BU Menjadi Nara Sumber   Pelatihan Ketahanan Pangan Nabati dan Hewani

Peltu Siswoyo dan Serda Yarmansyah menjadi nara sumber dan mensosialisasikan inovasi pembuatan pakan ikan mandiri-Berlian-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Peltu Siswoyo dan Serda Yarmansyah menjadi nara sumber dan mensosialisasikan inovasi pembuatan pakan ikan mandiri di Desa Datar Ruyung, Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, Senin, 29 April 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang aula Kantor Desa Datar Ruyung, Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara turut dihadiri Camat Arga Makmur, Syafaruddin, Danramil 423-02 Arma Kapten Cpl Joko Sulistiyono, Kepala Desa dan perangkat desa, Ketua BPD, Ibu Maryati s.p Korluh dan PPL desa, Peltu Siswoyo Batih Wanwil Staf Teritorial Kodim, Babinsa Sertu Endang, Babinkamtibmas Aiptu Andaan dan peserta pelatihan.

BACA JUGA:Ingin Sukses, Pemkab Bengkulu Utara Terus Matangkan Persiapan Pelaksanaan MTQ ke XXXVI

 

Bati Wanwil Staf Teritorial Kodim Peltu Siswoyo yang ikut dalam kegiatan ini mengatakan, pentingnya pelatihan ini bagi masyarakat, berharap dengan diadakannya sosialisasi ketahanan pangan ini serta praktik pada pelaksanaannya di lapangan nantinya bisa menjadi motor pendorong perekonomian masyarakat dan tentunya tidak hanya bidang pertanian dan perikanan, akan tetapi bisa di sektor lainnya juga.

Dalam kesempatan yang sama, Peltu Siswoyo dan Ibu Maryati s.p Korluh selaku PPL desa juga menjelaskan kepada para peserta yang hadir dalam kegiatan ini.

BACA JUGA:Dr. Haryadi Siap Maju Pemilihan Bupati Bengkulu Utara Jika Diusung Golkar dan Didukung Masyarakat

 

Ada beberapa langkah untuk menanam jagung sehingga  mendapatkan hasil panen yang maksimal. Antara lain : 

- Hal pertama yang harus dilakukan dalam budidaya jagung adalah memilih bibit berkualitas.

- Memiliki Lahan jagung. Pastikan tanah yang ditanami jagung benar-benar subur.

- Setelah mendapatkan bibit jagung unggul dan mengolah lahan, untuk menanam jagung, kondisi yang paling sesuai untuk menanam jagung adalah kondisi tanah sedang lembab. Pastikan tanah tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering dan biasanya menggunakan jarak tanam jagung antara 100 cm x 40 cm. Lalu, masukkan dua biji pada satu lubang tanam. Untuk kedalaman lubang tanam biasanya pada angka 3-5 cm. 

- Berikan Pupuk pada Tanaman Jagung dan pemeliharaan tanaman jagung agar terhindar dari hama dan penyakit.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu