1.118 Unit Alsintan Untuk Meningkatkan Produktivitas Sektor Pertanian di Bengkulu

1.118 Unit Alsintan Untuk Meningkatkan Produktivitas Sektor Pertanian di Bengkulu

Pemprov Bengkulu akan Salurkan Bantuan 1.118 Alsintan kepada Kelompok Tani-Windi-

RADAR BENGKULU - Pemerintah Provinsi Bengkulu (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu pada tahun 2024 ini telah mempersiapkan bantuan berupa 1.118 unit alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian di wilayah Bengkulu.

Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, M. Rizon, menyampaikan, bantuan Alsintan tersebut akan disalurkan kepada kelompok-kelompok tani yang terdaftar dalam Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian (Simluhtan) di wilayah Bengkulu.

BACA JUGA:Tidak Tertolong Lagi, Wanita Muda Ditemukan Ga*tung Diri di Taba Jambu Bengkulu Tengah

BACA JUGA:Berhasil Dapatkan Dana Pusat Ratusan Miliar Untuk Mukomuko, Sapuan Bakal Maju Pilgub Bengkulu Tahun 2024?

"Saat ini proses pengadaan Alsintan masih berlangsung. Setelah proses pengadaan selesai, kita akan melakukan pendataan dan verifikasi di lapangan terhadap kelompok-kelompok yang telah mengusulkan bantuan kepada pemerintah," ungkap M. Rizon kemarin.

BACA JUGA:Perbandingan Harga Wuling Cloud EV vs BYD Dolphin Preza, Mana yang Pas Dikantong

Setelah dilakukan verifikasi lapangan terhadap para pengusul bantuan, Pemprov Bengkulu akan menindaklanjuti dengan penyaluran bantuan kepada kelompok-kelompok yang layak menerima.

"Kita banyak menerima usulan dari berbagai kabupaten, terbanyak dari Kaur dan Seluma," tambah M. Rizon.

Alsintan yang akan dibagikan nantinya mencakup mesin potong rumput, hand sprayer, cultivator, dan hand traktor.

Fokus penggunaan Alsintan ini adalah untuk sektor hortikultura, pertanian, dan perkebunan guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas pertanian di wilayah Bengkulu.

BACA JUGA:Perbandingan Harga Wuling Cloud EV vs BYD Dolphin Preza, Mana yang Pas Dikantong

"Realisasi bantuan Alsintan direncanakan akan dilakukan pada bulan Juni, dimana kita sudah siap untuk melakukan pembagian kepada kelompok-kelompok tani," jelas M. Rizon.

Inisiatif ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para petani di Bengkulu dengan meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam kegiatan pertanian mereka.

Dengan adanya bantuan Alsintan ini, diharapkan para petani dapat lebih mudah mengelola lahan pertanian mereka serta meningkatkan hasil panen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: