Potensi Tunjangan Profesi Guru dan Tamsil Guru Provinsi Bengkulu Triwulan 1 Cair Juni 2024, Jika...

Potensi Tunjangan Profesi Guru dan Tamsil Guru Provinsi Bengkulu Triwulan 1 Cair Juni 2024, Jika...

Potensi Tunjangan Profesi Guru Provinsi Bengkulu Triwulan 1 Cair Juni 2024, Jika...-Poto ilustrasi-

"Terkait keterlambatan kita tidak mengetahui, mungkin secara teknis hubungannya ke Kemendikbud. Tapi dananya baru akan kita terima itu paling cepat di tanggal 21 Mei, karena by system. Kita lihat dan kita cek SP2D TPG dan Tamsil itu di tanggal 20 Mei baru akan disalurkan," tambahnya.

Sementara itu, menjawab mengenai realisasi pencairan yang nantinya juga akan terhambat akibat keterlambatan penyaluran dari pusat tersebut.

Rizqi menyatakan bahwa mekanismenya juga tergantung kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu yang bertanggungjawab untuk melengkapi dokumen pencairan yang dibutuhkan. 

"Harapannya nanti ketika uangnya sudah masuk RKUD (Rekening Kas Umum Daerah), Dikbud langsung mengajukan berkas ke BPKD. Itu akan kami segera proses," ujarnya.

Rizqi juga mengingatkan para guru penerima TPG dan Tamsil untuk memastikan bahwa nomor rekening masing-masing aktif sehingga tidak terjadi gagal salur.

Ia menekankan bahwa jika dana sudah terkonfirmasi masuk RKUD, maka proses pencairan tunjangan tersebut bisa disegerakan dan dapat diselesaikan dalam jangka waktu 4 – 5 hari. 

"Kalau tanggal 21 Mei dana sudah diterima, untuk proses pencairannya paling lama 4 - 5 hari itu sudah selesai. Artinya kita juga mohon kerjasama teman-teman tersebut untuk pastikan nama rekening gurunya aktif ya biar tidak ada yang gagal salur," tutup Rizqi.

 

Untuk alokasi TPG Triwulan I/2024 di Provinsi Bengkulu berjumlah Rp46 miliar, dengan penyaluran untuk masing-masing guru dihitung sesuai besaran per satu bulan gaji pokok.

Sementara itu, Tamsil berjumlah sekitar Rp700 juta, dengan besaran masing-masing guru per bulannya sebesar Rp250 ribu.

Penyaluran tunjangan ini diharapkan dapat segera terealisasi demi menunjang kesejahteraan guru dan meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Bengkulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: