Ini Dia Inovasi dari Puskesmas Kayu Kunyit Yang Oke Punya

Ini Dia Inovasi dari Puskesmas Kayu Kunyit Yang Oke Punya

Kepala Puskesmas Kayu Kunyit, Bengkulu Selatan, Nenda Puryanti,STr.Keb-Fahmi-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, Puskesmas Kayu Kunyit, Bengkulu Selatan menciptakan inovasi yang oke punya. Namanya,  Starla Proiap Turun Dari Taxsi. Artinya, lanjutkan program penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi. inovasi ini sudah lama dilakukan. Yaitu sejak Januari 2024  lalu.

Inovasi ini, adanya kolaborasi antara dokter, bidan dan petugas laboratorium dalam pemeriksaan kehamilan dalam bentuk pemeriksaan USG dan pemeriksaan laboratorium itu secara gratis.

BACA JUGA:Kembali Utuh, Ini Pesan Bupati Gusnan kepada 136 Jamaah Haji Bengkulu Selatan

 

Kepala Puskesmas Kayu Kunyit Nenda Puryanti STr.Keb menyampaikan, pemeriksaan USG dan laboratorium ini harus dilakukan sejak dini ataupun kehamilan.Dengan harapan, ibu hamil bisa melahirkan dengan lancar dan sehat. Baik ibu maupun bayinya.

"Dengan adanya pemeriksaan USG dan laboratorium, itu dapat mendeteksi faktor risiko dalam kehamilan. Dengan harapan,  seluruh ibu hamil bisa dideteksi sejak awal kehamilan,sehingga bisa diberikan penanganan yang cepat dan tepat," papar Nenda Minggu, 30 Juni 2024.

BACA JUGA:Rapat Koordinasi, Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan Bakal Lakukan Pengawasan Sarana Apotek dan Toko Obat

 

Tujuan sebenarnya dari program ini, lanjutnya, untuk menurunkan angka kematian pada ibu dan bayi. Serta, mencegah terjadinya stunting. Memang saat ini masih banyak, khususnya ibu hamil yang enggan memeriksakan kesehatannya terkait biaya, tetapi dengan adanya program ini di Puskesmas Kayu Kunyit akan dilakukan secara gratis.

Seperti contoh yang bisa saja terjadi seperti ini. Pada saat ibu hamil sudah mau melahirkan,berdasarkan hasil USG dan laboratorium, maka akan diketahui langkah apa yang harus diambil. Pada saat melahirkan, ibu hamil bisa saja mengalami HB turun,sehingga dengan pemeriksaan dini tersebut, maka pihak Puskesmas sudah bisa mengantisipasinya agar memberikan tindakan yang cepat dan akurat.

BACA JUGA:Polres Bengkulu Selatan Tanam Pohon dan Bakti Sosial

 

"Untuk ibu hamil, itu sangat penting untuk dilakukan USG. Ini untuk mengetahui perkembangan tumbuh kembangnya janin menjadi bayi yang sempurna pada saat dilahirkan.Kalau nantinya hasil USG menunjukkan bagus, diharapkan ibu bisa melahirkan secara normal dengan kelahiran yang lancar dan sehat. Kalaupun nantinya pada saat pemeriksaan USG ada persoalan seperti kekurangan air ketuban,maka pihak Puskesmas bisa segera memberikan rujukan untuk dilakukan oleh penanganannya oleh pihak Rumah Sakit agar bisa ditangani dengan baik,"pungkas Nenda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu