Saat Ini Baru 45 Desa Ajukan Pencairan ADD Tahap II di Seluma

Saat Ini Baru 45 Desa Ajukan Pencairan ADD Tahap II di Seluma

Ilustrasi dana desa-Ist-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Setelah tuntas pencairan Dana Desa tahap 1 lalu, kini sejumlah perangkat desa mulai berdatangan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), untuk mengajukan pencairan Dana Desa tahap kedua. 

Kabid Pembangunan Desa Dinas PMD Kabupaten Seluma, Gusti mengatakan, dari data yang telah tercatat, baru ada 45 desa dari 182 desa yang telah mengajukan berkas pencairan Dana Desa untuk tahap kedua, sedangkan yang mengajukan Alokasi Dana Desa baru sebanyak 8 desa.

BACA JUGA:Polisi Seluma Terus Buru Pelaku Penikaman di Warung Remang-Remang Desa Talang Durian

 

"Sementara ini sudah ada 45 desa yang mengajukan pencairan untuk tahap kedua. Kalau yang Alokasi Dana Desa baru 8 desa," sampai Gusti.

Lanjutnya, desa yang mengajukan pencairan tahap kedua ini, mayoritas telah selesai memenuhi persyaratan. Yakni, minimal 60 persen menyerap anggaran pada tahap satu.

BACA JUGA:Berantas Kemiskinan, Utusan Khusus Presiden Temui Bupati Seluma

 

Pengajuan Dana Desa tahap kedua ini paling lambat bulan September 2024 mendatang.

" Syaratnya salah satunya sudah 60 persen anggaran pada tahap pertama terserap. Kita tunggu pengajuan tahap kedua ini sampai bulan September mendatang," pungkasnya.

BACA JUGA:Anggarannya Sudah Tersedia, Dana Desa Tahap II di Seluma Capai Rp 74 Miliar

 

Untuk diketahui, total dana desa yang dianggarkan untuk 182 desa di Kabupaten Seluma pada tahun 2024 yakni sekitar Rp 146 miliar, dan ADD dianggarkan sekitar Rp 53 Miliar.

Masing masing desa mendapatkan angka yang bervariasi. Jika dirata-ratakan mencapai Rp 800 juta hingga Rp 1 miliar per desa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu