Nilai Ekspor Provinsi Bengkulu Melalui Pelabuhan Pulau Baai Turun Drastis

Nilai Ekspor Provinsi Bengkulu Melalui Pelabuhan Pulau Baai Turun Drastis

Nilai Ekspor Provinsi Bengkulu Melalui Pelabuhan Pulau Baai Turun Drastis-Ist-

"Ekspor batubara turun 46,30 persen, sedangkan ekspor karet naik 26,47 persen. Menariknya, ekspor lintah meningkat tajam sebesar 240,24 persen, dan komoditas lainnya naik 38,53 persen," kata Win Rizal.

 

Negara Tujuan ekspor utama Provinsi Bengkulu pada Mei 2024 adalah India, dengan nilai ekspor sebesar 7,00 juta USD (75,24 persen), diikuti Malaysia 0,68 juta USD (7,32 persen), Jepang 0,57 juta USD (6,16 persen), dan negara lainnya sebesar 1,05 juta USD (11,28 persen).

 

 

"Komoditas yang diekspor ke India sebagian besar adalah batubara. Sementara ke Malaysia batubara dan karet, dan ke Jepang adalah karet serta serangga. Ke negara lainnya, kita mengekspor batubara, lintah, kayu olahan, serangga, dan lain-lain." 

 

 

Di tengah penurunan ekspor, ada harapan di balik data impor. Sejak September 2021 hingga Mei 2024, tidak ada barang impor yang masuk ke Provinsi Bengkulu. Ini menunjukkan adanya potensi untuk memaksimalkan produk lokal dalam pasar domestik.

"Masih banyak komoditas produksi Bengkulu yang belum tercatat secara resmi dalam laporan ekspor. Mudah-mudahan dengan upaya-upaya yang dilakukan, laporan ekspor dan impor akan menjadi lebih lengkap dan tercatat dalam neraca perdagangan Provinsi Bengkulu," tutur Win Rizal.

Dengan kondisi ekspor yang menurun drastis, Provinsi Bengkulu perlu melakukan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kembali performa ekspornya.

 Perbaikan dalam pengelolaan dan pencatatan komoditas, serta diversifikasi tujuan ekspor dan komoditas, diharapkan dapat mengembalikan kejayaan ekspor provinsi ini. 

BACA JUGA:Mahasiswa Kecewa Tidak Bertemu Anggota DPRD Provinsi Bengkulu yang Lagi Dinas Luar, Ini 9 Tuntutan

BACA JUGA:45 Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Periode 2024-2029 Dilantik 2 September, Ini Fasilitas yang Disiapkan

BACA JUGA:Menteri Pariwisata Sandiaga Uno Promosikan Festival Tabut Bengkulu 2024 Melalui Video

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: