Buaya di Sungai jadi Penyebab Kabupaten Mukomuko Impor Lokan

Buaya di Sungai jadi Penyebab Kabupaten Mukomuko Impor Lokan

Banyak Buaya di Sungai jadi Penyebab Kabupaten Mukomuko Impor Lokan-poto ilustrasi-

RADAR BENGKULU, MUKOMUKO - Ternyata salah satu penyebab kabupaten Mukomuko mengimpor lokan karena banyaknya buaya di Sungai.

Padahal samba Lokan sudah menjadi kuliner Kabupaten Mukomuko paling populer.

Samba atau rendang lokan bukan saja dikonsumsi oleh masyarakat di daerah ini, tapi sudah menjadi makanan yang dijadikan buah tangan. 

Sayangnya, bahan baku samba lokan yakni kerang lokan (kerang sungai/air payau) dari dalam daerah yang biasa didapat dari sungai Selagan sekarang ini sedang terhenti. 

Pasalnya, para pencari lokan tidak berani lagi mencari lokan di sungai Selagan karena takut diterkam buaya. 

Dua orang warga Kota Mukomuko yakni 1  warga Desa Tanah Rekah dan 1 orang warga Tanah Harapan, tewas diterkam buaya saat sedang mencari lokan di Sungai Selagan. 

"Warga yang biasa menyelam (mencari) lokan, kalau sekarang berenti semua. Tidak berani lagi," ujar Ribianto, warga Tanah Harapan kepada Radar Bengkulu. 

Dijelaskannya, lokan atau kerang sungai ini berada di pasir lumpur di dasar sungai. Untuk mendapatkannya, para pemburu lokan harus masuk dan menyelam ke dalam air. Disatu sisi ada buaya yang mengintai. 

 

"Dua orang warga kami yang diterkam dulu, semuanya kan penyelam lokan. Setelah kejadian kedua kali, penyelam lokak tidak berani lagi," papar Robianto. 

 

Dikatakan Robi, dulu tidak sedikit warga Tanah Rekah dan Tanah harapan menggantungkan hidup dari pekerjaan menyelam lokan.

Mereka bisa mendapat penghasilan antara Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu perhari dari berburu lokan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: