Ini Peran dan Tanggungjawab Dinas Kominfo sebagai Wali Data Tingkat Daerah dan Provinsi

Ini Peran dan Tanggungjawab Dinas Kominfo sebagai Wali Data Tingkat Daerah dan Provinsi

Dinas Kominfo Provinsi Bengkulu sebagai Wali Data Tingkat Daerah dan bertugas memeriksa kesesuaian data dari Produsen Data tingkat daerah sesuai prinsip Satu Data Indonesia-Windi-

Setelah melalui proses verifikasi dan validasi, data yang ada di portal ini adalah data yang akurat dan dapat dibagipakaikan oleh berbagai pihak.

 "Portal Satu Data Indonesia merupakan implementasi konkrit satu data yang disajikan dalam bentuk digital setelah melalui verifikasi dan validasi," jelas Yuliswani.

Menurutnya, segala upaya yang dilakukan untuk mewujudkan Satu Data Indonesia bertujuan mendukung keterbukaan informasi publik, menjadi rujukan informasi dasar, serta mendukung perencanaan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. 

Yuliswani juga menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara berbagai sektor untuk mencapai tujuan ini. 

"Segala upaya yang dilakukan berbagai pihak dalam mewujudkan Satu Data Indonesia bertujuan mendukung keterbukaan informasi publik, menjadi rujukan informasi dasar, perencanaan pembangunan, dan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Dengan data yang akurat, pemerintah dapat merancang kebijakan yang lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta meningkatkan efektivitas dalam pelaksanaan program-program pembangunan.

Melalui Rapat Koordinasi SDI ini, Pemprov Bengkulu menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas dan akurasi data daerah.

Diharapkan, langkah ini akan membawa dampak positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Bengkulu. 

Dengan pengelolaan data yang lebih baik, Provinsi Bengkulu dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam implementasi Satu Data Indonesia.

Dengan semangat kolaboratif dan komitmen yang kuat dari berbagai pihak, Provinsi Bengkulu diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolaan data dan memanfaatkannya untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.

Rapat ini menjadi langkah awal dalam upaya besar menuju tata kelola data yang lebih baik di masa depan. 

BACA JUGA:Breaking News, Lahan Gambut di Desa Kota Praja Mukomuko Terbakar, Cuma 10 Meter dari Rumah Warga

BACA JUGA:Witel Bengkulu Hadiri Project Pengembangan SIAKAD Universitas Bengkulu Tahun 2024

BACA JUGA:Curug Satu Duit, Bekas Lokasi Sampah Kini Jadi Tempat Wisata Baru di Bogor yang Banyak Dikunjungi Wisatawan

BACA JUGA:Waspada! Ini Daftar 10 Tempat Wisata yang Terkenal di Dunia, Namun Banyak Pelaku Pencopetan, Termasuk di Turki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: