Inilah Tanda-Tanda Orang Menderita

Inilah Tanda-Tanda Orang Menderita

Imron Rosadi-Adam-radarbengkulu

Al-Qur'an menginformasikan, “ Pada suatu hari akan datang seseorang tidak dapat berbicara kecuali atas izin Allah SWT maka diantara mereka ada yang menderita/sengsara ada yang bahagia/ senang.” (QS. Hud: 105)

“Maka adapun orang yang sengsara/menderita tempatnya di neraka, disana mereka mengeluarkan jeritan dan rintihan.” (QS. Hud: 106)

 

“Mereka kekal didalamnya selama masih ada langit dan bumi kecuali Tuhanmu menghendaki, sungguh Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki.” (QS. Hud: 107).

 

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah

Penjelasan orang yang menderita/sengsara dalam (QS. Hud: 105) dan akibat bagi orang yang menderita/sengsara dalam (QS. Hud: 106) ini tidak dijelaskan siapa orang yang menderita/sengsara ? atau yang melakukan perbuatan apa ? minimal tanda-tanda orang yang melakukan perbuatan apa ? Sehingga menjadi sengsara/ menderita.

 

Pada dasarnya setiap kita, ketika ditanya apakah ingin sengsara/menderita ? pasti jawabnya tidak mau. Kemudian kalau ditanya apakah ingin bahagia/senang ? pasti jawabnya ingin bahagia. Tetapi kita juga bingung bagaimana caranya agar kita bisa bahagia.

Seperti di jelaskan dalam Al-Quran : ”maka adapun orang yang bahagia tempatnya di surga, kekal di dalamnya selagi masih ada langit dan bumi kecuali Tuhanmu menghendaki sebagai pemberian yang tiada putus.” (QS. Hud: 108).

 

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah

Dalam kitab Duratun Naashihin karya Syekh Usman bin Hasan bin Ahmad Asyakiri Al-Khubawi  beliyau berasal dari Konstantinopel (Istambul/Turky) wafat 1824 M/1239 H, halaman 256.

Rasulullah SAW bersabda : Tanda-tanda orang yang menderita/sengsara ada empat :

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu