Diskominfotik Provinsi Bengkulu Optimisi Dapat Pertahankan Predikat Terbaik di Sumatera

Diskominfotik Provinsi Bengkulu Optimisi Dapat Pertahankan Predikat Terbaik di Sumatera

Diskominfotik Provinsi Bengkulu Raih Penghargaan Nasiona, Terbaik di Sumatera-Ist-

Prestasi Statistik yang Membanggakan

Prestasi ini tidak hanya membanggakan, tetapi juga mencerminkan komitmen Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam meningkatkan kualitas data sebagai salah satu fondasi pembangunan. Indeks Pembangunan Statistik Provinsi Bengkulu yang berhasil meraih posisi terbaik se-Sumatera ini menjadi bukti keseriusan Bengkulu dalam mendorong keterbukaan data dan transparansi, yang pada akhirnya berdampak positif bagi pengambilan keputusan di tingkat pemerintahan.

 

Lebih lanjut, Oslita menjelaskan bahwa pencapaian ini sejalan dengan skor tinggi Bengkulu dalam Satu Data Indonesia (SDI), sebuah program nasional yang bertujuan untuk memperkuat pengelolaan dan keterpaduan data di seluruh Indonesia. Dalam penilaian Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024 yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Provinsi Bengkulu masuk ke dalam sembilan provinsi dengan skor di atas 8, yang mencerminkan kualitas perencanaan berbasis data yang semakin baik.

 

“Capaian ini tentu tidak lepas dari sinergi antara Diskominfotik, Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah sebagai koordinator SDI, serta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan BPS. Ini adalah hasil kerja keras bersama dalam menjaga kualitas data, yang pada akhirnya mendukung perencanaan pembangunan yang lebih terarah dan efektif,” tambah Oslita.

 

 

Anugerah Anindhita Wistara Data 2024 ini, kata Oslita, bukanlah akhir dari perjuangan, melainkan langkah awal bagi seluruh pemangku kebijakan di Bengkulu untuk terus memperkuat tata kelola data yang lebih baik. Pengelolaan data yang akurat dan dapat dipercaya merupakan kunci penting dalam merencanakan program-program pembangunan yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat.

 

“Penghargaan ini bukanlah akhir, tetapi awal dari upaya kita bersama untuk terus meningkatkan penyelenggaraan statistik yang lebih baik lagi di masa mendatang. Kami akan terus berkomitmen dalam menjaga dan meningkatkan kualitas statistik sektoral sebagai dasar perencanaan dan pengambilan kebijakan di Provinsi Bengkulu,” tutup Oslita.

 

Penghargaan bergengsi ini diterima oleh Mar Atun Hidayah, Kepala Seksi Statistik Diskominfotik Provinsi Bengkulu, yang mewakili Kepala Diskominfotik, Oslita, dalam acara tersebut. Anugerah ini juga disaksikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian, yang turut hadir dan memberikan sambutan di ajang tersebut.

 

Mendorong Pembangunan Berbasis Data

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: