Ini Manfaat Tanaman Getah Betadine Bagi Warga Bengkulu

Ini Manfaat Tanaman Getah Betadine Bagi Warga Bengkulu

Tanaman Getah Betadine-Riski Rahmawati-radarbengkulu

radarbengkuluonline.id – Tanaman getah betadine atau yang dikenal sebagai jatropha curcas, memiliki banyak manfaat. Terutama dalam pengobatan luka luar.

Ini dirasakan betul oleh ibu Lis, warga Kelurahan Betungan, Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu. Ia mau berbagi pengalaman dan pengetahuannya tentang penggunaan getah betadine untuk mengatasi berbagai luka.

BACA JUGA:Warga Bengkulu Rasakan Manfaatnya Daun Pandan Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Inilah Manfaatnya Tanaman Cocor Bebek Untuk Kesehatan

 

Ibu Lis, seorang ibu rumah tangga telah menggunakan getah betadine selama bertahun- tahun. Ia menjelaskan, getah tanaman ini sering digunakan untuk mengobati luka-luka ringan. Seperti luka gores, luka bakar kecil, dan bahkan ruam kulit.

"Saya pertama kali mengenal getah betadine dari nenek saya. Ketika anak-anak saya jatuh dan terluka, saya selalu menggunakan getah ini. Saya hanya perlu mengambil getahnya dari batang tanaman dan mengoleskannya langsung ke bagian yang mengalami luka tersebut," ujarnya saat ditemui RADAR BENGKULU di rumahnya Senin, 30 September 2024.

BACA JUGA:Tidak Hanya Sebagai Lalapan, ini Manfaat Mentimun yang Segar dan Banyak Kandungan Airnya

BACA JUGA:Ini Lo Manfaat dari Kelapa Hijau Yang Dirasakan Warga Kota Bengkulu

 

Menurut Ibu Lis, ada beberapa manfaat utama dari getah betadine:

1. Antiseptik Alami

Getah betadine memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu mencegah infeksi pada luka. "Setelah mengoleskan getah, luka biasanya tidak membusuk atau terinfeksi," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu