Nasihat Imam Al Ghazali

Nasihat Imam Al Ghazali

Yurlan Hamidi, S.Pd.I.M.Pd.I-Adam-radarbengkulu

Kematian adalah sesuatu yang tiada seorang pun tahu kapan ia akan datang. Karena itu manusia harus selalu bersiap diri menghadapinya. Terkadang ia jauh terasa, padahal ia dekat dalam kenyataannya.

 

Janganlah kita lengah dalam memahami hal ini. Jangan sekali-kali merasa diri jauh dari mati, karena itu membuat kita besar hati. Justru kerahasiaannya harus kita maknai bahwa mati bisa terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa adanya peringatan dari-Nya. 

Allah SWT berfirman yang artinya: ''Apabila sudah waktunya ajal maka tidak bisa dimundurkan dan dimajukan barang sesat.'' (Q.S. A'raf 34)

 

Jamaah Jum'at rahimakumullah 

2. Yang paling jauh dari kita adalah masa lalu  kita tidak dapat kembali ke masa lalu.

Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran agama.

Ini tepat dengan sebuah hadits yang menganjurkan bahwa kehidupan kita hari ini harus jauh lebih baik dari kemaren, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Jika dipikir lebih dalam, maka yang perlu diperhatikan adalah waktu. Waktu tidak akan datang berulang untuk kedua kali.

 

Sekali kita bertindak kesalahan, kita tidak bisa merevisinya lagi. Kita hanya bisa bertobat dan berharap pengampunan. Sebagian pepatah bilang waktu adalah sesuatu yang paling berharga. Emas, harta bisa dicari, tapi waktu yang sudah berlalu tak mungkin hadir kembali.

Mati dan waktu adalah dua rahasia yang ada digenggaman-Nya. Kita sebagai hamba hanya bisa berharap dan berdoa semoga Allah SWT memberikan anugrah kepada kita agar mampu memanfaatkan waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi kematian.

 

Jamaah Jum'at rahimakumullah 

3. Yang paling besar di dunia ini dalah nafsu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu