Nasihat Imam Al Ghazali

Nasihat Imam Al Ghazali

Yurlan Hamidi, S.Pd.I.M.Pd.I-Adam-radarbengkulu

Allah SWT berfirman yang artinya:

''Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka jahannam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakan untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.'' (QS. 7:179) (Al A’Raf 179).

Nafsu adalah hal penentu pada diri manusia. Ingin bahagia yang hakiki? Kendalikanlah nafsumu, ingin celaka selamanya? Turuti nafsumu… pengendalian nafsu adalah kunci dalam hidup ini. Itulah pesan tersembunyi dari al-Ghazali bahwa nafsu adalah hal paling besar, hal yang paling menentukan.

 

Jamaah Jumat rahimakumullah 

4. Yang paling berat di dunia ini adalah memegang Amanah.

Allah SWT berfirman yang artinya: ''Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh.'' (QS.Al Ahzab 72).

 

Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka untuk menjadi kalifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah SWT, sehingga banyak dari manusia masuk ke neraka karena ia tidak dapat memegang amanahnya.

 

Jamaah Jumat rahimakumullah 

5. Yang paling ringan di dunia ini adalah meninggalkan Shalat

Gara-gara pekerjaan kita meninggalkan shalat, gara-gara hal hal sepele kita meninggalkan shalat.Kita harus ingat bahwa shalat adalah hal pertama yang ditanyakan Allah kepada manusia.

Dan shalat adalah kewajiban terpenting di dunia ini. Namun anehnya, meski demikian shalat adalah hal termudah yang sering dilewatkan oleh orang-orang muslim? Ringan sekali mlewatinya 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu