Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz 3D AR di Bengkulu

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz 3D AR di Bengkulu

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz 3D AR di Bengkulu-Ist-

 

 

radarbengkuluonline.id - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kembali mendorong inovasi pendidikan dengan mengembangkan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi terkini.

Sebuah projek yang digarap oleh dosen dari Universitas Dehasen Bengkulu, yakni Dr. Mesterjon sebagai ketua TIM peneliti, Dr.Suwarni, S.Kom, M.M. dan Khairil, M.Kom sebagai anggota.

Tim peneliti pada 14 Oktober 2024 telah melakukan uji validasi di SMKN 3 Kota Bengkulu.

BACA JUGA:TP Sriwijaya Bengkulu Rayakan HUT ke-56: Sinergi Menuju Bengkulu Emas

BACA JUGA:Total Dana Alokasi Khusus di PUPR Mukomuko Tahun 2025

Prototipe ini menggabungkan platform Quizizz yang populer di kalangan pendidik dengan teknologi Augmented Reality (AR) 3D, menghasilkan pengalaman belajar interaktif yang diharapkan mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam proses belajar.

Pengembangan ini didesain untuk menambahkan elemen interaktif dalam pembelajaran, memberikan sensasi belajar yang menyerupai pengalaman bermain gim, namun tetap mengedepankan muatan edukasi.

“Teknologi AR memungkinkan penggabungan benda abstrak menjadi realitas yang kemudian divisualisasikan secara real-time. Saat diuji di SMKN 3 Kota Bengkulu, siswa tidak hanya belajar, tetapi juga merasakan pengalaman yang lebih visual dan interaktif,” jelas Dr. Masterjon saat ditemui di SMKN 3 Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Museum Negeri Bengkulu Gelar Serangkaian Acara Menarik dan Seru

Dalam uji validasi yang dilaksanakan di SMKN 3, inovasi ini dihadiri oleh siswa dan dewan guru sebagai bagian dari upaya pengujian prototipe.

Fokus pembelajaran dalam uji coba kali ini adalah materi pengenalan perangkat keras komputer pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Berdasarkan hasil pengujian, proyek ini mendapatkan sambutan positif dari siswa dan guru yang menyaksikan betapa efektif dan menariknya media pembelajaran berbasis AR dalam membantu siswa memahami materi yang disampaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: