Ini Dia Kiat-Kiat Alvi Nurisa, Mahasiswa UINFAS Bengkulu Sampai Bisa Hafal Al-quran Sebanyak 11 Juz

Ini Dia Kiat-Kiat Alvi Nurisa, Mahasiswa UINFAS Bengkulu  Sampai Bisa Hafal Al-quran Sebanyak 11 Juz

Foto Alvi Nurisa setelah haflah di UNIFAS Bengkulu-Adzkia Brilliantna -radarbengkulu

 

Untuk menjaga hafalannya Alvi membatasi aktivitas yang tidak terlalu penting dan berusaha agar tetap konsisten dalam muroja'ah, khususnya setelah shalat lima waktu. 

Didalam kampus, Alvi lebih memilih fokus pada kuliah dan kegiatan didalam ma'had tidak terlalu sulit dalam membagi waktu. Dalam membagi waktu antara kuliah, tugas dan hafalan ia selalu berusaha menyelesaikan tugas segera setelah diberikan dan memanfaatkan waktu setelah shalat isya untuk tugas. 

BACA JUGA:Tampilkan Tari Lecah Gabeng, Mahasiswa UINFAS Bengkulu Raih Medali Emas di SEIBA Internasional Festival 2024

BACA JUGA:Wadah Kreativitas, GenBI dan Himpunan Mahasiswa Hukum Keluarga Islam UINFAS Bengkulu Gelar Pekan Kreativitas

 

Alvi juga memaparkan bahwa metode dalam menghafal ini hanya berbentuk target. "Metodenya hanya berbentuk target. Misal, sehari kita harus bisa menghafal 1 halaman. Terus untuk muroja'ah diusahakan dalam sehari kita membaca 1 juz 1/2 untuk memperkuat hafalan. Walau muroja'ah tidak langsung lancar, tapi jika konsisten 1 hari 1 Juz agar lama-lama terbiasa dan lancar."  

Perjalanan Alvi dalam menghafal Al-Qur'an ini dimulai sejak kelas 1 Madrasah Tsanawiyah (MTS), tentunya dibarengi dengan dukungan penuh dari kedua orangtua, Amir Nur Rohim dan Sardilah. 

BACA JUGA:Tari Setiawati, Mahasiswa KPI UINFAS Bengkulu Raih Juara dalam Ajang Lomba Internasional

BACA JUGA:Yongki Triansyah, Mahasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Raih Medali Emas di Ajang Internasional

 

Bagi Alvi surah yang sangat menginspirasinya ini adalah surah Ali Imran ayat 31,yang menjelaskan, "Jika kita mencintai Allah, maka ikutilah Ia. Karena, jika kita taat, kita mengikuti-Nya, maka Allah pun akan mencintai kita dan menghapus dosa-dosa kita.Dengan kita dekat kepada Allah, maka semua urusan kita akan dipermudah, dilancarkan terutama dalam menghafal dan menuntut ilmu."  

Bukan hanya cantik, dan menjadi wisudawan terbaik pada haflah Khotmil Qur'an X, wanita kelahiran Surodadi (Musi Rawas) pada 19 Agustus 2005 ini juga pernah meraih beberapa prestasi dalam setahun terakhir ini. Diantaranya juara 2 Tahfidz Qur'an se-UINFAS dalam rangka Nuzulul Qur'an dan juara 1 Tahfidz Qur'an se-UINFAS dalam Festival HKI X GENBI. 

BACA JUGA:Sangat Wow, UKK KSR PMI UINFAS Bengkulu Adakan Donor Darah Secara Sukarela

BACA JUGA:Inilah Sosok Mahasiswa Inspiratif dari UINFAS Bengkulu yang Mampu Membiayai Kuliahnya Sendiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu