Kenapa Umur Laki-laki Cenderung Lebih Pendek dari Perempuan? Fakta Perbedaan Usia Harapan Hidup Menurut Ahli

Kenapa Umur Laki-laki Cenderung Lebih Pendek dari Perempuan? Fakta Perbedaan Usia Harapan Hidup Menurut Ahli

Kenapa Umur Laki-laki Cenderung Lebih Pendek dari Perempuan? Fakta Perbedaan Usia Harapan Hidup Menurut Penjelasan Ahli -Poto ilustrasi-

 

RADAR BENGKULU - Dalam sebuah wawancara di podcast YouTube X-Undercover, Dr. Djaja Surya Atmadja, seorang dokter spesialis DNA Forensik, mengungkapkan fakta menarik tentang umur laki-laki lebih pendek dari perempuan. 

Menurutnya, secara umum, laki-laki cenderung memiliki usia yang lebih pendek dibandingkan perempuan, yang menyebabkan jumlah janda lebih banyak daripada duda di masyarakat.

BACA JUGA:Ini Pernyataan yang Sebaiknya Dihindari Agar Hubungan Dengan Anak Tetap Sehat

BACA JUGA:Apakah Aman Makan Ikan Setiap Hari? Ini Penjelasan dari Ahli Kesehatan

Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang memengaruhi kesehatan dan gaya hidup. Berikut adalah beberapa alasan utama yang sering dijelaskan oleh para peneliti dan ahli kesehatan:

1. Faktor Biologis:

 

• Genetika: Perempuan memiliki dua kromosom X, yang memberikan keuntungan dalam hal perlindungan genetik. Jika salah satu kromosom X mengalami mutasi atau kerusakan, perempuan masih memiliki kromosom X lain yang bisa berfungsi dengan baik. Sementara itu, laki-laki memiliki satu kromosom X dan satu Y, sehingga mereka lebih rentan terhadap penyakit genetik.

BACA JUGA:Buah Lontar Banyak Peminatnya, Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan

• Hormon: Hormon estrogen yang dominan pada perempuan memiliki efek perlindungan terhadap jantung dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, terutama sebelum menopause. Sebaliknya, hormon testosteron yang lebih tinggi pada laki-laki terkait dengan peningkatan risiko perilaku berisiko.

 

2. Perilaku dan Gaya Hidup:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: