Siap-Siap, 4 Pejabat Mukomuko Bakal Ditunjuk jadi Calon Sekda

Siap-Siap, 4 Pejabat Mukomuko   Bakal Ditunjuk jadi Calon Sekda

Kepala BKPSDM Mukomuko, Wawan Santoni, S.Hut., M.Si-Seno/ist-

 

MUKOMUKO, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Bupati Mukomuko sudah mengantongi rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) prihal melaksanakan uji kompetensi calon Sekretaris Daerah (Sekda) Mukomuko.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (19)

Rekomendasi KASN itu mempersilahkan Bupati Mukomuko selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) menunjuk 4 orang pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Mukomuko untuk mengikuti uji kompetensi calon Sekda. Hal ini disampaikan Kepala BKPSDM Mukomuko, Wawan Santoni, S.Hut., M.Si kepada RADARBENGKULU.DISWAY.ID tadi siang.

BACA JUGA:Beroperasi, Warga Nginap dan Awasi Aktivitas PT FLBA di Seluma

"Surat dari KASN sudah kita terima Jumat (29/7) kemarin," ungkap Wawan saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (1/8).

BACA JUGA:Polda Perlancar Kunjungan Menparekraf di Bengkulu

Proses pencarian Sekda Mukomuko ini memang ditempuh dengan cara yang tak lazim. Hal itu lantaran, pencarian melalui  jalur seleksi terbuka alias lelang jabatan menemui jalan buntu. Dimana, saat pendaftaran lelang jabatan Sekda Mukomuko dibuka beberapa waktu lalu, tak seorangpun pejabat yang mendaftarkan diri.

BACA JUGA:Provinsi Bengkulu Raih Lima Terbaik Nasional IKIP 2022

"Kita laporkan kondisi itu ke KASN, dan meminta rekomendasi untuk melaksanakan uji kompetensi. KASN mempersilahkan," jelas Wawan.

 

Meski proses pencarian Sekda Mukomuko itu tak lazim, Wawan memastikan tidak ada pelanggaran aturan. Opsi jalur uji kompetensi memang memungkinkan ketika lelang terbuka menuai kendala.

Dijelaskannya, meski 4 orang pejabat calon Sekda ini nanti ditunjuk langsung oleh Bupati, keempatnya tetap harus mengikuti ujian yang dilakukan oleh Tim Seleksi (Timsel). Materi uji yang harus dilalui yaitu penulisan makalah dan wawancara, serta uji kompetensi lain jika dianggap perlu.

"Dari 4 pejabat yang mengikuti uji kompetensi itu nanti, 3 nama diantaranya akan diserahkan oleh Timsel ke Bupati Mukomuko untuk kemudian Bupati menentukan siapa yang bakal ditunjuk jadi Sekda Mukomuko," ujar Wawan.

"Untuk Timsel ada 5 orang. Rinciannya, 3 dari akademisi Unib, 2 dari pejabat Pemprov," ungkapnya lagi.

Ia mengatakan, Timsel telah melakukan rapat persiapan untuk melaksanakan uji kompetensi. Ditargetkan tanggal 3 - 5 Agustus, uji kompetensi calon Sekda ini bisa terlaksana.

"Kepingin kita cepat. Tanggal 3 - Agustus sudah dilaksanakan. Tapi tergantung kesiapan Timsel. Saat ini mereka (Timsel) sedang rapat. Kalau BKPSDM, secara administrasi siap. Kita kepingin cepat, karena tidak mungkin Sekda terus dijabat pelaksana tugas dalam waktu panjang. Harus segera definitif," bebernya.

Ditanya 4 nama pejabat yang bakal ditunjuk Bupati Mukomuko untuk mengikuti uji kompetensi Calon Sekda, dijawab Wawan, "Nama-nama nanti. Suratnya belum diteken Bupati (mungkin, maksud Kepala BKPSDM surat tugas/perintah mengikuti uji kompetensi). Nanti kalau sudah ada kepastian," pungkas Wawan. (sam)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: