Harga TBS Kelapa Sawit Naik di Bengkulu

Harga TBS Kelapa Sawit Naik di Bengkulu

Petani di Mukomuko memanen sawit-Seno-



BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID  - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit pada periode ini, minggu ke-2 November 2022 dibahas  dalam rapat tatap muka yang melibatkan seluruh stakeholder terkait.  Mulai dari Perusahaan Kelapa Sawit (PKS), Asosiasi-Asosiasi, serta Dinas instansi terkait. Rapat  ini diselenggarakan di Adeeva Hotel, Pantai Panjang, Kota Bengkulu Selasa, 15 November 2022.

Rapat ini dipimpin oleh Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu Bickman, S.H., M.H. Acara ini juga dihadiri Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Bengkulu, Marwan Ramis, Ketua GAPKI, perwakilan PKS, asosiasi-asosiasi dan dinas instansi terkait dari kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

Kesimpulan dari rapat  ini, dicapai kesepakatan untuk harga TBS kelapa sawit naik di tingkat pabrik sebesar Rp. 2.129,47 per kilogram dengan harga terendah Rp. 1.816,33 per kilogram dan harga tertinggi Rp. 2.442,62 per kilogram.

BACA JUGA:Memprihatinkan, Jalinbar Bintunan- Urai Dipasang Police Line

“Untuk periode ini harga TBS kelapa sawit mengalami kenaikan dari periode lalu. Harga untuk periode ini diangka Rp. 2.129,47 per kilogram.” ujar Bickman yang ditemui dalam rapat kesepakatan penetapan harga TBS, Selasa (15/11).

“Namun perlu diketahui ada beberapa pabrik yang membeli di atas harga penetapan, di lapangan ada yg beli dengan harga Rp.  2.400 per kilogram." lanjutnya.

BACA JUGA:Kriminalitas di Kota Bengkulu Meningkat

Kabid Perkebunan Bickman menuturkan dalam hal penetapan ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas TPHP hanya sebatas memfasilitasi rapat penetapan, untuk hasilnya didapat melalui kesepakatan bersama.

"Untuk penetapan harga TBS kelapa sawit  ini masih dilakukan setiap dua minggu sekali." singkat Bickman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: