Bupati Hidayat: Adat dan Budaya Rejang Diharapkan Dikenal di Tingkat Nasional

Bupati Hidayat: Adat dan Budaya Rejang   Diharapkan Dikenal di Tingkat Nasional

Bupati Kepahiang didampingi Ashanty-Anak dan para pejabat lainnya memberikan arahan-Ruvi-

 

KEPAHIANG, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Kepahiang mendatangkan artis papan atas di Indonesia ke Kabupaten Kepahiang. Yakni Ashanty. Ia merupakan  Duta Sosial Budaya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sosbudparekraf). 

Artis ini hadir langsung untuk menyaksikan  acara Festival Budaya Bertajuk “Umung Kutei.” Festival tersebut diselenggarakan di halaman rumah adat Kepahiang, Kamis (17/11/22) pukul 11.00 WIB.

Kedatangan Ashanty bersama keluarganya disambut langsung oleh Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU, Wabup Kepahiang, H. Zurdi Nata, S.Ip, Ketua TP PKK Kabupaten Kepahiang, Ny. Efie M Hidayattullah dan jajaran Pemkab Kepahiang lainnya.

Bupati Kepahiang dalam sambutannya mengatakan,  Tajuk Umbung Kutei memiliki makna berkumpulnya segenap orang-orang Marga Merigi dan Marga Bermani Ilir atas dasar pertalian kehendak, cita-cita yang sama dan semangat gotong royong untuk mewujudkan sebuah hajatan budaya yang penuh dengan kegembiraan dan akan selalu dikenang.

“Diharapkan dengan dilaksanakan kegiatan ini dapat melestarikan nilai-nilai adat budaya. Terutama dari Suku Rejang yang merupakan suku mayoritas di Kabupaten Kepahiang. Umung kutei juga memiliki nilai-nilai persatuan dari marga dalam Suku Rejang. Yaitu Marga Bermani dan Marga Merigi,” ujarnya.

Lanjutnya, dalam kegiatan festival ini juga akan menyajikan segala macam budaya yang ada di Kabupaten Kepahiang serta pameran kuliner khas tradisional Kabupaten Kepahiang.

Diharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan cinta budaya dikalangan masyarakat Kabupaten Kepahiang dan juga dengan kedatangan Duta Sosial Budaya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sosbudparekraf) di Provinsi Bengkulu ke Kabupaten Kepahiang ini dapat memperkenalkan budaya serta wisata Kabupaten Kepahiang ke tingkat Nasional.

BACA JUGA: UMP Bengkulu Cuma Naik Sebanyak Ini

“Kedatangan tamu istimewa Ashanty bersama keluarga juga masih mempunyai darah keturunan Bengkulu juga. Kita berharap dengan kehadiran Ahanty dan Anang dapat memperkenalkan budaya dan wisata Kabupaten Kepahiang. Ucapan terima kasih kepada Ashanty  atas kunjungannya di Kepahiang," ungkapnya.


Bupati Kkepahiang, Ashanty-Anak foto bersama-Ruvi-

Dari pantauan RADAR BENGKULU di lokasi, Ashanty juga menyempatkan dirinya untuk meninjau dan mencicipi kuliner khas Kabupaten Kepahiang yang ada di stand-stand UMKM. Saat diwawancarai, Anang berharap Kabupaten Kepahiang semakin maju dan dikenal oleh masyarakat luar. Baik itu adat dan budaya maupun kuliner khas di Kepahiang.

 "Ya, tadi saya sudah cicipin kulinernya. Rasanya enak. Dalam kesempatan ini saya mau cicip gulai khas Kabupaten Kepahiang. Salah satunya Gulai Lemea yang terbuat dari tunas bambu yang telah diperentasi,"ujarnya.

BACA JUGA:Pemuda Sido Mukti Gantung Diri di Kamar Mandi

Kemudian usai acara di Festival Budaya Bertajuk “Umung Kutei," selanjutnya Ashanty beserta rombongan berkunjung ke pabrik Teh PT. Sarana Mandiri Mukti untuk melihat pabrik peninggalan Belanda yang masih beroperasi di Kebun Teh Kabawetan.(crv).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: