Seluma Berpotensi Dibangun Laboratorium Pengelolaan Pisang Barangan

Seluma Berpotensi Dibangun Laboratorium Pengelolaan Pisang Barangan

Direktur Perbenihan dan Holtikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI) Dr. Inti Partiwi Naswari, S.SP, M.Si, saat menyerahkan secara simbolis bantuan Pisang Barangan di Desa Talang Kabu Kecamatan Ilir Talo pada Rabu (15/3)-Wawan-

SELUMA, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Kabupaten Seluma saat ini tengah menggalakkan penanaman pisang Barangan. Memiliki prospek yang bagus dan lahan yang luas, Kabupaten Seluma berpotensi didirikan laboratorium khusus pengelolaan pisang Barangan.

BACA JUGA:Ini di Giri Mulya, Suami Berangkat Kerja, Istri Diduga Asyik Indehoy Bersama Pria Lain

 

 

Hal tersebut seperti yang diungkapkan Direktur Perbenihan dan Holtikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI), Dr. Inti Partiwi Naswari S.SP M.Si, saat menyerahkan secara simbolis bantuan Pisang Barangan di Desa Talang Kabu, Kecamatan Ilir Talo pada Rabu (15/3). 

BACA JUGA:Pj Bupati Benteng Gunting Pita, MPP Benteng Diresmikan Menpan-RB Beserta MPP Kota dan Lebong

 

 

Kedatangan Direktur Perbenihan dan Holtikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI) Dr. Inti Partiwi Naswari, S.SP, M.Si, diterima langsung oleh  Wakil Bupati Seluma, Drs. Gustianto yang juga menerima secara simbolis bantuan benih bibit pisang barangan.

BACA JUGA:Makin Mudah, Bisa Kuliah Gratis di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

 

 

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan Almedian Saleh, SKM, ME, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial, SP, M.Si, Kabid Horti DPTPH Bengkulu, Kepala BSIP Bengkulu, Polsek  Talo, Danramil Talo, Camat, PPL serta Kepala Desa.

BACA JUGA:Hari Ini 929 Mahasiswa Diwisuda, Lulusan UIN FAS Bengkulu Punya Daya Saing Global

 

 

" Prospeknya sangat bagus, ketersediaan lahan juga sangat luas. Kami akan membantu membuat laboratorium jaringan untuk memperbanyak bibit pisang. Karena pisang ini punya prospek yang cukup besar, sehingga jika Kabupaten Seluma bisa berhasil, maka akan menjadi sentra produksi pisang mengalahkan lampung," sampainya. 

BACA JUGA:Hari Ini 929 Mahasiswa Diwisuda, Lulusan UIN FAS Bengkulu Punya Daya Saing Global

 

 

Sementara itu, penyerahan bibit ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari permohonan Pemerintah Kabupaten Seluma yang sebelumnya telah berkunjung ke Jakarta dalam rangka audiensi dan permohon bantuan pisang barangan. 

"Kami sangat apresiasi dengan semangat Bapak Bupati yang menyampaikan bahwa di Kabupaten Seluma akan dijadikan sentra pisang barangan di Provinsi Bengkulu", lanjutnya.

BACA JUGA:Hari Ini 929 Mahasiswa Diwisuda, Lulusan UIN FAS Bengkulu Punya Daya Saing Global

 

 

Disisi lain, Wakil Bupati Seluma Drs Gustianto menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian Pertanian, terutama kepada Direktorat Perbenihan Hortikultura yang telah memberikan bantuan dan bersedia hadir serta menanam pisang bersama. 

"Ini menjadi cambuk penyemangat kami agar bisa mewujudkan rencana Seluma sentra pisang, setelah penanaman pisang ini berhasil, maka sesuai dengan petunjuk ibu direktur, kami akan mengusulkan kembali laboratorium untuk perbenihan pisang," sampai Wabup. 

 

 

Dibagian lain, Kepala Dinas Pertanian Seluma, Arian Sosial menyampaikan pihaknya akan mendampingi dan memonitor serta melaporkan program kegiatan penanaman pisang barangan, cavendis dan kepok sebanyak 50.000 batang yang tersebar di wilayah Kabupaten Seluma.

BACA JUGA:Support, Pengurus BKMT Bengkulu Utara Periode 2023-2027 Dilantik

 

 

"Bantuan diserahkan secara bertahap dan direncanakan ada 3 varietas bibit pisang, yaitu barangan, cavendis dan kepok. Tahap Pertama sebanyak 5.500 batang untuk dibagikan dan ditanam di wilayah Kecamatan Talo dan Ilir Talo," ujar Arian Sosial.

"Bantuan akan diserahterimakan kepada 5 Gapoktan untuk disebarluaskan kepada masyarakat guna menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan serta mencukupi gizi masyarakat Kabupaten Seluma," lanjutnya. 

BACA JUGA:Sudah Bagus, Pemkab Bengkulu Utara Terima Kunjungan Asisten KEMENPAN-RB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: