Gubernur Minta Seluruh OPD Percepat Akselerasi APBD Tahun Ini

Sabtu 03-08-2019,10:03 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO  >>>  BENGKULU  >>>   Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah meminta agar masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov dapat mempercepat akselerasi APBD pada tahun ini, dengan waktu yang tersisa.

      "Percepat akselerasi yang dimaksud, tidak lepas dari catatan-catatan yang diberikan Banggar dan Fraksi di DPRD Provinsi. Guna menindaklanjuti catatan itu, tadi (kemarin, red) pagi saya sudah kumpulkan Kepala-Kepala OPD. Dalam rapat saya minta masing-masing OPD gerak akselerasi penyerapan anggaran tahun ini," tegas Rohidin.

       Jangan sampai, lanjut Rohidin, akselerasi dipercepat, malah menyebabkan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) kembali membengkak. "Begitu juga dengan rasionalisasi anggaran, sebisa mungkin harus dihindari. Kalau hanya terjadi pegeseran, tentu masih bisa dimaklumi. Namun kita upayakan anggaran yang sudah dialokasikan, terealisasi," katanya.

       Disinggung soal utang pada rekanan, Rohidin mengatakan, utang sampai terjadi, salah satunya disebabkan kegiatan sudah selesai per 31 Desember 2018, namun belum terbayarkan. "Jadi harus kita anggarkan dalam APBD Perubahan. Karena bagaimanapun kewajiban kita untuk menyelesaikan pembayaran pekerjaan yang sudah terealisasi itu, harus dibayar," ujarnya.

Sebelumnya, dari Fraksi Gerindra Provinsi Bengkulu kembali mengingatkan agar eksekutif dapat segera menindaklanjuti beberapa catatan yang diberikan. "Tapi kita tetap mengingatkan, agar catatan yang diberikan dapat ditindaklanjuti. Kemudian kita berharap pasca pengesahan, dapat segera disampaikan ke Kemendagri agar Perda bisa dievaluasi," singkat Ketua Fraksi Gerindra, Jonaidi, SP, MM. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait