Masih Ada Sekolah Umumkan Hasil Kelulusan Secara Manual

Jumat 05-06-2020,19:28 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO   >>>   BENGKULU  >>>   Kemarin, seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Bengkulu baik negeri maupun swasta tahun ajaran 2019-2020, sedang menanti hasil kelulusan siswa yang diumumkan secara online, sesuai Surat Edaran (SE) Walikota Bengkulu tentang pelaksanaan pengumuman hasil kelulusan, tidak berkumpul dengan jumlah masa yang banyak. "Kami berharap proses pengumuman tersebut berjalan dengan lancar. Tetap mematuhi standar SOP Covid-19. Walaupun kami mendapat kabar, ada beberapa sekolah negeri yang mengumumkan hasil kelulusan secara manual, tidak menggunakan sistem online, yang terus diimbau oleh pihak Dikbud ataupun dari Walikota," ujar Sekretaris Dikbud Kota, Nopri Walihan, S.Pd, MM pada radarbengkuluonline.com tadi siang (5/6).

Maka dari itu, pihaknya sangat menyayangkan masih ada sekolah yang mengumumkan hasil kelulusan secara manual, dengan mengundang orangtua siswa ke sekolah. Menurutnya, tingkat kesadaran masyarakat masih rendah, tentang dampak penyebaran Covid-19. "Cuman, namanya kami melayani orang banyak, segala sesuatunya saat berkumpul tidak memperhatikan protokol kesehatan, menggunakan masker, jaga jarak dan sebagainya. Kedepan, mungkin kami akan mengevaluasi kejadian tersebut. Padahal instruksi yang disampaikan juga sudah lama, bukan satu atau dua hari ini. Tetapi masih ada sekolah tidak menggunakan sistem online," terangnya.

Sedangkan saat ditanya untuk hasil kelulusan tahun ini, apakah lulus 100 persen ? Pihaknya belum bisa memastikan itu. Sebab, hasil kelulusan diumumkan di sekolah masing-masing. Jadi, pihaknya masih menunggu hasil rekapan di setiap sekolah. " Untuk hasil kelulusan, kami belum bisa menjawab itu. Karena masih menunggu rekapan dari setiap sekolah masing-masing. In sya Allah, di Kota Bengkulu lulus 100 persen," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Unas SD/SMP Dikbud Kota, Huteman Mulyadi, M.Si mengatakan, pihaknya masih menunggu laporan berapa persen hasil kelulusan tahun ini. Dari jumlah siswa yang mengikuti ujian, SMP/MTs 6.279 siswa, terdiri dari 30 sekolah negeri dan 23 sekolah swasta di Kota Bengkulu. "Mudah-mudahan lulus 100 persen semua. Kita tunggu saja hasil rekapannya nanti," kata Huteman pada RADAR BENGKULU.

Disisi lain, hasil pengumuman kelulusan di SMPN 1 Kota Bengkulu, diumumkan melalui via online, ke grup masing-masing perkelas. "Alhamdulillah, sekolah kami lulus 100 persen dengan nilai yang memuaskan, walaupun ditengah pandemi Covid-19, siswa belajar dirumah, ujian di rumah dan lain-lain," ungkap Kepala SMPN 1 Kota Bengkulu, Idiarman.

Hal senada juga dikatakan Kepala SMPN 6 Kota Bengkulu, Mukhtarimin, M.Pd, Mat, untuk hasil kelulusan juga diumumkan secara online, atau WA ke siswa/orangtua oleh walikelas. "Untik kelas 9 yang ikut ujian berjumlah 182 orang, Alhamdulillah lulus 100 persen. Bagi siswa dengan nilai tertinggi akan diberikan reward dari sekolah," tutupnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait