SMPN 6 Kota Bengkulu Masih Kekurangan Siswa Baru

Kamis 09-07-2020,19:47 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO  >>>  BENGKULU  >>>  Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Kota Bengkulu, untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020-2021 mengalami kekurangan jumlah siswa baru yang mendaftar. Hal ini dikarenakan lokasi sekolah yang berdekatan dengan sekolah lain, khususnya melalui jalur zonasi.

"Berdasarkan daya tampung dari SMPN 6 sebanyak 11 kelas, 1 kelas diisi 32 orang. Jadi, kuota siswa tahun ini 352 orang. Dari 352 daya tampung itu, yang mendaftar jalur zonasi online hanya 96 orang. Sedangkan untuk jalur lain, seperti afirmasi, pindah orangtua ada 34 orang. Sampai saat ini baru 130 orang. Tapi, belum tau semuanya mendaftar ulang apa tidak," ujar Kepala SMPN 6 Kota Bengkulu, Muktharimin, M.Pd, MAT pada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Maka dari itu, pihaknya masih menunggu bagi masyarakat yang anaknya belum sekolah sama sekali, bisa menghubungi pihak Dikbud Kota, supaya dapat merekomendasikan ke SMPN 6. Sebab, masih banyak sekali kekurangan siswa baru.

"Penyebabnya, di lingkungan sekolah memang berada ditengah-tengah. Artinya, wilayah dari Tebeng, BLK, Panorama zonasinya dekat ke SMPN 21. Kemudian, arus dari Timur Indah 1 sampai ujung terserap oleh SMPN 14. Sementara SMPN 6, dekat lingkungan Muhajirin ujung, yang penduduknya memang sangat terbatas," terangnya.

Cara mensiasatinya, pihaknya masih berkoordinasi dengan Dikbud Kota. Jika ada siswa yang membutuhkan sekolah, bisa direkomendasikan ke SMPN 6. Diakuinya, semenjak diberlakukan sistem zonasi, sekolahnya memang selalu mengalami pengurangan jumlah siswa baru setiap tahunnya. (ach)

Tags :
Kategori :

Terkait