Puluhan Wartawan BU Ikuti Sosialisasi dan Penanganan Pelanggaran Oleh Bawaslu

Selasa 13-10-2020,19:15 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, ARGA AMAKMUR - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menggelar sosialisasi penyampaian laporan dugaan pelanggaran dan proses penanganan pelanggaran pemilu di Sawah Resto Argamakmur, Selasa (13/10/2020).

Pada kegiatan yang diikuti puluhan pewarta baik cetak, televisi dan media online yang dipandu oleh Sekretaris Bawaslu BU, Taufik Akbar Pane menghadirkan narasumber dari 3 Komisioner Bawaslu BU yakni Ketua Bawaslu BU, Titin Sumarni, SH, Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Tugiran, M. Pd, Koordinator Divisi Humas Tri Suyanto, SE dan dari Gakkumdu sekaligus Kasat Reskrim Polres Bengkulu Utara, AKP. Jery Antonius Nainggolan, S. Ik.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara Titin Sumarni, SH. sekaligus membuka acara mengatakan untuk menyamakan persepsi terkait teknis dan penanganan laporan maupun temuan pelanggaran.

Narasumber dari Koordinator Divisi Penangganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara, Tugiran, M. Pd menjelaskan bahwa dalam penerimaan laporan ada dua jenis yang berhak melaporkan dugaan pelanggaran pemilu yaitu Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kabupaten atau daerah yang mempunyai hak pilih dan Pemantau Pemilu dan peserta Pemilu sedangkan yang melaporkan temuan yaitu dari Pengawas Pemilu.

Selanjutnya Tugiran juga menyampaikan untuk penyampaian laporan dugaan pelanggaran ada mekanisme dan aturannya tersendiri. Dalam hal ini, laporan dugaan pelanggaran masuk itu dibatasi paling lama 7 hari setelah kejadian dengan melengkapi bukti-bukti pelanggaran tersebut.

Pada 9 Desember mendatang akan ada perhelatan Akbar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Khusus di Kabupaten Bengkulu Utara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati hanya diikuti satu pasang calon yakni pasangan Petahana Ir. H. Mian-Arie Septia Adinata, SE, M. Ap yang akan melawan kotak kosong dan ini menjadi sejarah di Provinsi Bengkulu khususnya di Bengkulu Utara. (bri)

Tags :
Kategori :

Terkait