Tirta Mulya Tetapkan 5 Item Prioritas DD 2021

Rabu 14-10-2020,19:40 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  IPUH >>>  Pemerintah Desa (Pemdes) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tirta Mulya, Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko menetapkan 5 item program prioritas penggunaan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2021. Kesepakatan tersebut dilahirkan dalam Musyawarah Desa (Musdes) dan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) pada Rabu,(14/10) kemarin. Dalam kegiatan tersebut hadir Camat Ipuh yang diwakili Kasi Ekobag, Hernita, S.Sos, Kades Tirta Mulya, Sumadiayan, S.Pd beserta perangkatnya, Ketua BPD beserta anggotanya, Bhabinkamtibmas, dan tokoh masyarakat Desa Tirta Mulya juga turut hadir.

Rencana pembangunan yang ditetapkan sebagai skala prioritas yaitu, pembangunan drainase di wilayah dusun I, Dusun 3 dan di Dusun 4, dengan total panjang keseluruhan 325 meter. Pembukaan Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 2 Kilo. Pembangunan sumur bor 1 titik di dusun I. Pembangunan pagar Pendidikan Usia Dini (PAUD) dengan panjang 130 meter. Dan mengalokasikan anggaran untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD).

Kepala Desa (Kades) Tirta Mulya, Sumadiyana mengatakan, rencana pembangunan yang ditetapkan sebagai skala prioritas tersebut belum final. Sejauh ini, pihaknya dari Pemdes belum mengetahui berapa pagu DD untuk Desa Tirta Mulya tahun 2021 mendatang. Jika mengacu pada besaran pagu tahun 2020, rencana pembangunan tersebut bisa terealisasi jika tidak ada pengalihan anggaran. "Hari ini (kemarin red) dalam kegiatan Musrenbangdes itu, kita menetapkan 5 item skala prioritas rencana penggunaan DD TA 2021," ungkapnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Desa (Permendes) Nomor 13 tahun 2020, penggunaan DD tahun 2021 tidak diperbolehkan untuk pembangunan gedung. Seperti gedung balai desa, Gedung Serba Guna (GSG) dan pembangunan gedung lainnya. Jika mengacu kepada Permendes Nomor 13 tersebut penggunaan DD tahun 2021, diprioritaskan untuk kegiatan yang bersifat menunjang perekonomian masyarakat desa, dan sarana prasarana pendidikan.

Berdasarkan data yang terhimpun, seusai pelaksanaan Musdes dan Musrenbangdes, Pemdes Tirta Mulya bersama BPD, dan pendamping teknis langsung turun ke lapangan untuk melakukan survei titik lokasi rencana pembangunan yang sudah ditetapkan sebagai skala prioritas TA 2021. "Hari ini kita langsung melakukan survei titik lokasi rencana pembangunan, JUT, pagar PAUD, drainase, dan rencana pembangunan sumur bor," demikian Sumadiaya.(ide/krn)

Tags :
Kategori :

Terkait