Kecamatan Sungai Rumbai Bentuk Forum BUMDes

Sabtu 24-10-2020,08:43 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>> SUNGAI RUMBAI >>>  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah Kecamatan Sungai Rumbai banyak vakum. Pemerintah Kecamatan Sungai Rumbai bentuk Forum BUMDes tingkat kecamatan. Dimana forum BUMDes ini berfungsi sebagai tempat koordinasi bagi seluruh BUMDes milik desa yang ada di Kecamatan Sungai Rumbai. Sekaligus sebagai wadah untuk koordinasi ke pemerintah Kabupaten Mukomuko dan Provinsi Bengkulu. Dalam kesempatan itu, Kecamatan Sungai Rumbai juga membentuk Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD).

Menurut Plt Camat Sungai Rumbai, Rudi Hartono, SH, semua desa sudah memiliki BUMDes. Hanya masih ada diantaranya belum aktif dan vakum. Jadi, dengan adanya forum BUMDes tingkat kecamatan ini, semua keluhan BUMDes bisa saling koordinasi. Selama ini BUMDes yang ada di desa hanya jalan masing-masing. Selain tempat koordinasi BUMDes, Forum BUMDes kecamatan ini juga sebagai wadah koordinasikan tingkat kabupaten dan provinsi.

"Forum BUMDes iini tidak memiliki program tertentu, tetapi mereka sebagai wadah menggali informasi dari kabupaten dan provinsi. Artinya, fungsi forum ini untuk koordinasi antar BUMDes," ucap Rudi kepada RADAR BENGKULU kemarin.

Selain membentuk forum BUMDes, lanjutnya, pihaknya dari pemerintah Kecamatan Sungai Rumbai juga membentuk Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD). Pembentukan BKAD ini merupakan instruksi dari Pemerintah Kabupaten Mukomuko yang didasari Permendagri. Pembentukan BKAD ini tidak hanya di Kecamatan Sungai Rumbai, tetapi juga di kecamatan lainnya.

"Gunanya, meningkatkan pembangunan ditingkat desa dan pemberdayaan masyarakat. Salah satu contohnya pemberdayaan. Selama ini pemberdayaan masyarakat hanya dilaksanakan oleh masing-masing desa. Dengan adanya BKAD ini, nanti pemberdayaan masyarakat bisa dilaksanakan pada satu tempat dengan melibatkan seluruh desa," bebernya.

Ditambahkan Rudi, Ada beberapa kelebihan dengan dibentuknya BKAD ini. Salah satunya tentang pemberdayaan masyarakat bisa dilaksanakan pada satu tempat. Selain itu sebagai upaya peningkatan pembangunan disetiap desa juga bisa dikoordinasi melalui forum BKAD ini. "Kita harap dengan adanya BKAD ini roda pemerintahan di tingkat desa bisa berjalan dengan baik. Mulai dari segi pembangunan, pun dari pemberdayaan," demikian Rudi.(ide)

Tags :
Kategori :

Terkait