Aliansi LSM BU Kecam Kades, Soal Banyaknya Oknum LSM Dinilai Meresahkan Pemdes

Kamis 28-01-2021,20:55 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO, ARGA MAKMUR - Sepertinya curahan hati Mewakili Kades Kecamatan Padang Jaya oleh Kades Arga Mulya, Sumito dalam acara skala prioritas pembangunan dana desa (DD) tahun anggaran 2021 kepada Bupati Bengkulu Utara, Ir. Mian dan rombongan beberapa waktu lalu. Sepertinya berbuntut panjang. Pasalnya Ketua Aliansi LSM-Bengkulu Utara beserta rombongan mengecek kebenaran tudingan Kades Argamulya Sumitto/alias Doyok. Beliau seakan tidak bertanggung jawab dengan tudingan yang mengarah kepada tudingan tersebut.

Ketua Aliansi LSM BU, Rozi HR di ruang kerjanya kemarin  mengatakan semestinya Kades harus tahu Pengertian Lembaga Swadaya masyarakat (LSM). Yang merupakan organisasi di luar pemerintah atau birokrasi. Tugasnya membantu kinerja pemerintah dalam kegiatan kemasyarakatan dan juga sekaligus mengawasi jalannya roda pemerintahan. Agar tidak terjadi penyalahgunaan kewenangan, agar memelihara dan menjaga suasana lingkungan masyarakat agar tetap kondusif.

LSM sebagai penyemangat dalam menumbuhkembangkan masyarakat dalam bidang pembangunan dan pengawasan, pelaksanaan dan motivator hasil pembangunan secara berkesinambungan. "LSM tentu menjadi sebagai wadah penyalur aspirasi masyarakat yang membantu dalam menyukseskan pembangunan berbangsa dan Negara," paparnya.

Dalam aktivitasnya, LSM yang tergabung di Aliansi LSM-Bengkulu Utara, sudah mempunyai wilayah tugas masing-masing dan dipimpin oleh koordinator wilayah Kecamatan. Misalnya Kecamatan Lais, Air Padang, Padang jaya dan Giri Mulya koordinatornya Suradi Waka II Aliansi LSM-Bengkulu Utara beserta 5 orang personil. Namun diluar itu ia tak memungkiri bila ada saja oknum LSM lain yang akan datang baik dari BU atau luar BU yang bisa saja datangi desa, Sekolah atau instansi di wilayah tersebut.

Rozi  minta pada seluruh Kepala Desa se Kabupaten Bengkulu Utara, 215 desa dan 5 kelurahan untuk menyediakan buku tamu dan dokumentasi/foto oknum-oknum LSM yang di maksud. Jangan sampai ketika di klarifikasi, kades seakan tidak dapat mempertanggung jawabkan tudingan tersebut, seakan berdalih di balik kepentingan, sebagaimana yang disampaikan oleh Kades Arga Mulya Sumitto alias Doyok ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/01/2021).

Ketua Aliansi LSM-Bengkulu Utara Rozi HR berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten Bengkulu Utara, untuk lebih proaktif meningkatkan pembinaan kepada seluruh stakeholder terhadap pemerintahan desa, OPD dan termasuk dengan kinerja LSM yang terdaftar di Kesbangpol Kabupaten Bengkulu Utara. Karena LSM bukan untuk ditakuti, atau menakuti para pengelola anggaran dalam pelaksanaan program agar proaktif dalam pembangunan di Kabupaten Bengkulu Utara.

Jika ada persoalan tolong buat surat resmi ditujukan ke Kantor Aliansi LSM-Bengkulu Utara yang beralamat di jl. Pramuka nomor 10 Kelurahan Gunung Alam, Kec. Kota Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara. "Kami akan evaluasi kinerja kami untuk kedepan yang lebih baik atau hubungi nomor telepon 082378744333, tak perlu takut atau ragu sebab LSM bukan untuk ditakuti, apalagi kita benar, transparan dan akuntabel dalam tata kelola keuangan dan administrasinya," kata Rozi.

Pantauan radarbengkuluonline.com,  saat Sosialisasi Prioritas Dana Desa 2021,Juru bicara Kades Kecamatan Padang Jaya ada mengeluhkan banyaknya oknum LSM yang tidak dikenalnya dari luar BU yang sering datangi desa. Kadang datang sendiri, kadang bersama rombongan yang kadang datang tidak lagi melihat waktu yang membuat keresahan Pemdes. Dalam curhatnya Sumito tidak menyebut nama orang atau nama LSM tertentu. "Mereka ini kita tidak kenal dan sepertinya bukan dari wilayah daerah kita," curhat Sumito atau Doyok.(bri)

--

Tags :
Kategori :

Terkait