Guru Honor Semangat, Segera Ikuti Tes Rekrutmen P3K

Senin 03-05-2021,14:49 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Dewi Coryati : Tahun Ini Pusat Siapkan Rp 19,4 T

RBO>>>  BENGKULU >>>  Pemerintah Daerah (Pemda) khususnya di Provinsi Bengkulu tidak perlu mengkhawatirkan ketersediaan anggaran untuk menggaji guru yang direkrut dalam program 1 juta guru honor menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pasalnya Pemerintah Pusat telah menyiapkan alokasi bersumber dari APBN untuk gaji guru PPPK tersebut.

Anggota Komisi X DPR RI, Hj. Dewi Coryati, M.Si mengatakan, anggaran untuk menggaji guru PPPK nanti bersumber dari APBN. Jadi, bukannya APBD. "Dimana anggaran yang disiapkan Rp 19,4 triliun secara nasional. Jadi pemerintah daerah tidak perlu khawatir. Kemudian, peluang lolos menjadi guru P3K ini pun cukup besar. Sebab, ada tiga kali kesempatan tidak lulus pertama boleh ikut yang kedua. Belum lulus kedua, boleh ikut tes yang ketiga. Lalu, juga disiapkan modul-modul pelatihan cara mengikuti tes rekrutmen P3K ," ungkap Dewi diwawancarai radarbengkuluonline.com disela-sela workshop pendidikan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Senin (3/5).

Nantinya, lanjut Dewi, anggaran yang disiapkan itu saat didistribusikan kepada masing-masing Pemda, dalam bentuk Dana Alokasi Umum (DAU). Sehingga Pemda tidak perlu khawatir lagi dalam memikirkan gaji guru PPP. "Makanya kita sedikit menyayangkan ketika masih ada daerah yang malah tidak mengusulkan perekrutan PPPK," sesal Politisi PAN ini.

Kalaupun mengusulkan, sambungnya, kuotanya juga belum mampu mengakomodir jumlah honorer guru yang ada, dan itupun belum tentu termasuk yang usianya sudah lebih dari 35 tahun. "Padahal kita di Komisi X DPR RI sejak lama mendesak perekrutan PPPK ini, sehingga Mendikbud membuat program sejuta guru honorer menjadi ASN melalui PPPK ini," kata Dewi.

Menurutnya, workshop yang digelar hari ini (kemarin, red) dengan peserta merupakan guru-guru honorer, diharapkan nantinya dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi PPPK. "Dalam momen ini kita berbagi kiat, agar guru honorer ini nantinya bisa lulus menjadi ASN berstatus PPPK. Apalagi peluang untuk lulus sangat besar, dan bagi usia lebih dari 35 tahun diberikan afirmasi," ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, afirmasi ini sendiri, ketika tidak lulus dalam seleksi perekrutan PPPK pertama, maka bisa ikut tes yang kedua. Dan disini ada 3 kali kesempatan. "Untuk yang usianya lebih dari 40 tahun, langsung diberikan poin 15. Poin juga diberikan pada difabel dan guru honorer daerah terpencil. Kita berharap dengan program PPPK nanti juga dapat meningkatkan kesejahteraan guru," singkat Dewi.

Sementara itu dari Ketua Umum GTKHNK35+ Provinsi Bengkulu, Yusak menyebut bahwa jumlah guru tenaga honor se Provinsi Bengkulu lebih dari 11 ribu orang. Sedangkan kuota untuk Bengkulu 10.500. "Artinya masih banyak kekurangan dari kuota yang ada. Belum lagi ditambah dengan guru honor dibawah usia 35 tahun," tambah Yusak. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait