Dibatasi, UKW Angkatan XVI Resmi Dibuka Ketua PWI

Minggu 20-06-2021,11:52 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  BENGKULU >>>  Uji Kompetensi Wartawan (UKW) kembali dilaksanakan PWI Bengkulu. UKW angkatan XVI yang digelar PWI Bengkulu digelar hari ini. Acara ini  dibuka resmi oleh Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Antoni bertempat di Adeeva Hotel And Convention Kota Bengkulu .

Zacky dalam sambutannya menyampaikan bahwa pesertanya dibatasi. Keterbatasan peserta pada UKW ini karena pademi.  UKW ini merupakan regulasi dari Dewan Pers, sehingga dalam pelaksanaannya harus sesuai prosedur yang ditentukan.

"Karena pandemi, sehingga peserta dibatasi. Peserta yang mengikuti sebanyak 12 orang harus mengikuti dengan  aturan dan standar kompetensi yang berlaku. Seperti plagiat yang diharamkan. UKW bukan kehendak saya. Akan tetapi sesuai dengan regulasi yang ada. Terima kasih kepada Pemerintah Provisi berkolaborasi menyukseskan setiap UKW yang dilaksanakan, "ujar Zacky.

Hal senada juga disampaikan oleh Tim Penguji yang merupakan Ketua PWI Provinsi Lampung, Supriadi. Ia menyampaikan bahwa UKW ini harus dikuti dengan serius, dan mata uji yang diujikan merupakan aktifitas keseharian wartawan. Selain itu, UU Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak harus dipahami peserta.

"Dihari libur ini peserta UKW serius. Ini menandakan keinginan kuat menjadi seorang wartawan yang berkompeten. Peserta harus memahami dan mengerti mengimplementasikan, "ujar Supriadi.

Gubernur Bengkulu, Dr. Rohidin Mersyah diwakili Sekretaris Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu, Sri Hartati menyampaikan bahwa pemprov bertekad berkolaborasi dengan Dewan Pres sesuai standar kerjasamanya minimal UKW Muda. Selain itu, harapannya agar tim penguji dapat melaksanakan pengawasan dan penilaian kepada peserta sehingga menciptkana wartawan yang profesional dan menulis berita dengan hati.

"Harapan kami wartawan dapat nulis berita dengan hati, sehingga berita yang mengandung kepentingan orang pun golongan dan mengarah kepada sara dapat dihindari.(ae-4)

Tags :
Kategori :

Terkait