Publik Harus Cermat Memilah Informasi

Selasa 09-11-2021,12:18 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com - BENTENG -  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) melaksanakan kegiatan seminar dengan tema cermat dalam memilah informasi hari ini, Selasa (9/11) . Acara ini dilaksanakan di Wahana Surya Pondok Kelapa, Benteng dan dibuka Sekretaris PWI Provinsi Bengkulu,  Dedi Hardiansyah Putra.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri  Ketua Dewan Kehormatan PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Anthony SH, MH serta Ketua Komisi Informasi Provinsi (KIP) Bengkulu, Albert Satya Jaya SE.

Dalam kesempatan itu Zacky Anthony memaparkan bagaimana memilah milah informasi yang layak dikonsumsi dan proses keabsahan informasi, khususnya sebuah berita. "Banyak yang harus diperhatikan. Seperti kasus-kasus pencabulan atau asusila lainnya. Hendaknya wartawan atau jurnalis bisa menjaga identitas korban. Yaitu, dengan memberikan informasi inisial saja. Selain itu, dalam menyiarkan informasi wartawan tidak bisa melakukan pemaksaan serta memasukkan argumen pribadi. Sehingga dengan demikian informasi yang disiarkan dapat dikonsumsi secara baik oleh publik."

Mantan Ketua PWI Provinsi Bengkulu itu juga mengingatkan bahwa publik memang sebaiknya bisa memilih dan memilah informasi yang layak atau tidak layak untuk dikonsumsi ataupun disebarluaskan, "Jadi ini penting. Agar saat seseorang menyampaikan atau menyebarluaskan informasi yang dibaca atau dilihat dan didengarnya, informasi tersebut dapat dipertanggungjawabkan," terang Zacky Anthony.

Sebelumnya dari Ketua KIP Bengkulu, Albert Satya Jaya SE menyampaikan bahwa keterbukaan informasi di era digitalisasi menjadi hal yang penting. "Cermat lah dalam memilah informasi. Dan keterbukaan informasi ini saling berkaitan. Informasi yang boleh dibuka untuk publik, maka artinya informasi tersebut bisa untuk diteruskan atau disebarluaskan. Sehingga dengan demikian informasi bisa dipertanggungjawabkan, " ujar Alber.

Adapun dari Ketua PWI Benteng yang juga moderator seminar, Leonardo Ferdian SE menyampaikan, kegiatan seminar dilaksanakan oleh PWI Benteng di Wahana Surya dengan tujuan bermanfaat bagi publik, "Kegiatan ini dilaksanakan oleh PWI Benteng dan pesertanya dari unsur PGRI, PMI, serta tokoh masyarakat juga peserta dari unsur media," tambah Leo. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait