Lesmana: Ini Enaknya Kerja Sambil Kuliah

Rabu 17-11-2021,04:48 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

 radarbengkuluonline.com - BENGKULU – Bekerja sambil kuliah memang sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh para mahasiswa. Tidak sedikit mahasiswa yang melakukan dan menerapkan kedua kegiatan tersebut secara bersamaan.

Mahasiswa Universitas Bengkulu (Unib), Lesmana Sitepu adalah salah satu mahasiswa yang bekerja sambil kuliah. Ia bekerja sebagai sopir di rental mobil Najwa Rentcar. “Saya bekerja sebagai sopir di rental mobil Najwa Rentcar mulai tahun 2019. Ya, kurang lebih dua tahun saya sudah bekerja disini, ” ujarnya Lesmana kepada radarbengkuluonline.com di rumah kosnya di Unib Belakang, Kandang Limun Kota Bengkulu tadi pagi.

Awalnya dia  bekerja, lanjutnya, itu tidak disengaja dan sebelumnya belum ada pikiran buat bekerja. Ide tersebut muncul secara tiba-tiba dikarenakan Covid-19 beberapa waktu yang lalu. Sehingga proses belajar mengajar dilakukan secara daring ataupun online.

“Saya hanya memanfaatkan waktu luang saja, ditambah lagi kuliah dilakukan secara daring. Jadi kesannya saya bekerja memang tujuan uang. Tapi disisi lain saya ingin memanfaatkan waktu luang yang ada dengan sebaik mungkin.”

BACA JUGA: DeviJuniartiS Sajikan Karya Menarik dan Berkualitas Selama proses bekerja sambil kuliah berlangsung, tentu ada beberapa rintangan yang harus dilewati. Salah satunya adalah ketika jadwal kuliah bertabrakan dengan jadwal kerja. Sebagai mahasiswa, tentunya ia harus lebih mengutamakan kuliah terlebih dahulu dibanding pekerjaannya. Namun bagaimana jika kedua kegiatan tersebut tidak bisa dihindari dan harus dilakukan secara bersamaan?

“Untuk mengatasi masalah tersebut, saya harus memilih keduanya. Terkadang saya minta izin ke penumpang untuk kuliah terlebih dahulu. Baru setelah itu kembali melanjutkan perjalanan,” ujar mahasiswa semester 7 Fakultas Hukum Unib yang sedang mempersiapkan diri menyusun skripsi.

Akan tetapi, jika dalam masa-masa ujian berlangsung, Lesmana memilih untuk tidak menerima orderan atau job terlebih dahulu. Karena ia juga tidak ingin kuliahnya terganggu. Ia berprinsip, walaupun ia bekerja tetap tidak boleh mengorbankan kuliahnya.

Lesmana juga mengungkapkan, sesuatu yang memotivasinya tetap semangat dalam melakukan pekerjaan serta kuliahnya, kedua orang tua. Keduanya  merupakan orang yang selalu mensupport dan selalu mendukung apa yang ia lakukan. Ia sangat ingin membanggakan mereka dan melihat mereka tersenyum lebar ketika sukses nanti.

“Banyak sekali manfaatnya kalau kita kerja sambil kuliah. Dari segi finansial, pasti sangat membantulah sedikit banyaknya. Banyak teman. Bisa tahu daerah lain. Dan saya juga semakin belajar dalam memanajemen keuangan saya.”

Namun Lesmana mengingatkan, jika ingin bekerja sambil kuliah tidak boleh mengorbankan kuliah tersebut. Memang banyak manfaat yang didapat dari bekerja, baik itu dari segi pengalaman, relasi, finansial dan lain-lain.

“Tapi tetap harus memprioritas kuliah. Kuliah oke, kerja juga oke itu, keduanya seimbang kan jadi keren,” tegasnya. (Mg-1).

Tags :
Kategori :

Terkait