Rp 32 M, Dana Disiapkan Untuk KBS Bidang Kesehatan

Jumat 19-11-2021,09:00 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com -  BENGKULU - Tahun depan, ada anggaran sekitar Rp 32 miliar disiapkan untuk realisasi program Kartu Bengkulu Sejahtera (KBS). Khususnya bagi pelayanan kesehatan. Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu harus proaktif menyosialisasikan program KBS ini.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes mengatakan, dana yang disiapkan Rp 32 miliar itu diperuntukkan bagi 33 ribu sasaran dalam program KBS, khususnya bagi pelayanan kesehatan. "Alokasi anggaran yang disiapkan dalam APBD tahun depan itu, untuk kepesertaan JKN yang dibayar melalui APBD Provinsi sebanyak 33 ribu peserta," ungkap Herwan kepada radarbengkuluonline.com kemarin.

Pembayaran premi yang menjadi tanggung jawab daerah untuk subsidi peserta JKN-KIS itu, lanjutnya, yang dibayar pemerintah pusat sebesar Rp 2 ribu per peserta. "KBS dari sisi pelayanan kesehatan ini sudah jalan tahun ini, dan tahun depan sifatnya melanjutkan. Kita terus berupaya melakukan peningkatan, agar bisa mengakomodir masyarakat yang belum terlayani," katanya.

Terpisah, anggota Komisi IV DPRD Provinsi, Drs. Gunadi Yunir, MM menyampaikan, salah satu permasalahan dalam realisasi KBS ini, kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap program itu. "Sehingga kita mendorong Dinkes, seiring dengan realisasi program itu, juga dilakukan sosialisasi di tengah-tengah masyarakat. Karena masih banyak masyarakat desa yang belum tahu."

Kemudian, lanjutnya, dalam realisasinya harus secara proporsional. Ini mengingat di Provinsi Bengkulu ini terdapat 10 kabupaten/kota. "Tapi yang terpenting sosialisasi itu tadi, karena masyarakat kita ini saat sakit barulah kebingungan. Sementara mereka juga tidak tahu harus mengadu kemana," ujar Gunadi. (idn)

Tags :
Kategori :

Terkait