ICMI Akan Dorong Kemajuan di Bengkulu

Senin 21-02-2022,07:52 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

radarbengkuluonline.com, BENGKULU – Kegiatan Silaturahmi Kerja Wilayah (Silakwil) yang diselenggarakan oleh Ikatan Cendikiawan Musim se- Indonesia (ICMI) Provinsi Bengkulu di Aula Stikes Sapta Bakti Bengkulu, Sabtu (19/2) berjalan  lancar. Kegiatan ini, dihadiri oleh Ketua Umum Mejelis Pimpinan Pusat ICMI Dr. Priyanto Budi Santoso, perwakilan Gubernur Bengkulu yang diwakilkan oleh Asisten I Provinsi Bengkulu Drs. Khairil Anwar, M.Si yang sekaligus membuka acara secara resmi. Kemudian, Ketua Mejelis Pimpinan Wilayah ICMI Bengkulu sekaligus sebagai Rektor Universitas Bengkulu (Unib) Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E., M.Sc, dan para tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Silaturahmi Kerja Wilayah ICMI Bengkulu Dr. Alfarabi, S.Sos., M.A menuturkan, kegiatan silaturahmi kerja wilayah ICMI kali ini mengusung tema “Peran Strategis Cendikiawan Muslim dan Kontribusi dalam Mewujudkan Bengkulu Maju”. Tema ini bertujuan sebagai gambaran bahwa ICMI adalah mitra strategis dalam memajukan daerah Bengkulu. “Mewujudkan tema Peran Strategis Cendikiawan Muslim dan Kontribusi dalam Memberikan Bengkulu Maju. Jika cendikiawan berkumpul, seharusnya mereka adalah bagian dari solusi daerah. Oleh karena itu, permasalahan daerah juga merupakan bagian dari bagaimana ICMI berperan di dalamnya,” tutur Ketua Panitia Silakwil.

Ia menjelaskan juga, kegiatan ini merupakan silaturahmi dari pengurus ICMI dalam bentuk pembuatan program kerja ICMI untuk kedepannya. Walaupun demikian, mengingat Bengkulu dalam masa PPKM level-3, agar kegiatan ini berjalan dengan lancar secara luring, dengan disiasati untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Namun, untuk mengurangi kerumunan di dalam aula, kegiatan ini dilakukan secara daring juga melalui Zoom Meeting.

“Selain harus mematuhi prokes, peserta ICMI yang hadir pada hari ini dibagi menjadi 2. Yaitu sebagian hadir di dalam ruangan dan sebagian lagi hadir melalui Zoom Meeting.”

Kemudian, Ketua Mejelis Pimpinan Wilayah ICMI Bengkulu Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E., M.Sc mengatakan, sebagai cendikiawan muslim tentu saja mempunyai pengaruh yang sangat besar di dalam memajukan masyarakat dan daerah, terkhusus Provinsi Bengkulu. Dengan melihat dari sudut pandang internal, ini sangat mengarah pada individu-individu masing sebagai seorang cendikiawan muslim yang wajib berkontribusi kepada kemajuan Provinsi Bengkulu

“Tentunya kerja sama, dorongan, dan dukungan dari ICMI pusat sangat diperlukan, sehingga terhubunglah para cendikiawan dalam ICMI yang berupaya untuk memajukan Bengkulu. Dalam hal ini, kita ingin merancang sebuah program kegiatan dan cendikiawan muslim ini bisa berperan, bergerak bersama-sama dan saya sangat mengharapkan kerjasama bahu membahu. ICMI harus ada untuk Bengkulu. Karena kemajuan Bengkulu adalah tanggung jawab kita semuanya. Kita berkeinginan dari Bengkulu untuk Bengkulu, dari Bengkulu untuk Indonesia, dari Indonesia untuk Dunia,” ujar Ketua Mejelis Pimpinan Wilayah ICMI Bengkulu.

Ketua Umum Majelis Pimpinan Pusat ICMI Dr. Priyanto Budi Santoso menuturkan, dalam kesempatan membangun Bengkulu maju, tentunya ICMI pusat dan seluruh cendikiawan lainnya, berkumpul dalam ICMI, guna menjaga kepentingan Provinsi Bengkulu dan berkolaborasi dengan Pemerintahan.

“Seluruh cendikiawan yang berkumpul di ICMI siap untuk menjaga kepentingan dalam memajukan Provinsi Bengkulu, dan siap berkolaborasi dengan pemerintah,” tutur Ketua Umum Majelis Pimpinan Pusat ICMI.

ICMI sangat berperan penting dalam membangun dan memajukan pemerintahan daerah. Terutama di Bengkulu ini. Asisten I Provinsi Bengkulu Drs. Khairil Anwar, M.Si menyebutkan bahwa terkait dengan program-program rencana kedepannya dari Gubernur Provinsi Bengkulu sangat membutuhkan dukungan dari pihak-pihak terkait. Salah satunya ICMI.

“Kita juga akan mengundang ICMI untuk meminta masukannya dan mengkaji seperti apa pola, metode dan bagaimana strateginya agar Islam Center yang dicita-citakan Gubernur dan seluruh masyarakat Bengkulu ini bisa terwujud. Kemudian bagaimana nanti strategi untuk bisa mengembangkan Masjid Raya Baitu Izza ini sebagai Islam Centernya Provinsi Bengkulu. Saya yakin pemerintahan daerah sangat berharap dengan ICMI Provinsi Bengkulu bisa memberikan masukan serta berpartisipasi dan berkontribusi untuk kemajuan Bengkulu dan Kemajuan Indonesia,” tutup Asisten I Provinsi Bengkulu. (Mg-4)

Tags :
Kategori :

Terkait